Tanggul Kali Karanganyar Kebumen jebol menyebabkan genangan air di ruas jalan nasional Karanganyar-Gombong, Selasa 15/3.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hujan lebat yang mengguyur Kebumen sejak Senin petang (14/3) hingga Selasa (15/3) pagi menyebabkan bencana banjir melanda hampir seluruh wilayah.

Bahkan ratusan warga di Kecamatan Ayah, Rowokele dan Buayan terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Warga juga mengharap bantuan dapur umum serta logistik dari BPBD dan PMI Kebumen.

Sungai Luk Uo, sungai terbesar di Kebumen juga meluap. Demikian pula sejumlah sungai  di Kebumen barat seperti Kali Abang, Kali Karanganyrt, Kali Kethek, Kali Kemit dan semua anak sungai. Wilayah rendah langganan banjir seperti Kecamatan Adimulyo, Kebumen dan Prembun juga tergenang banjir.

Camat Buayan Wikan Tris Junanto memohon dibuka dapur umum di Desa Rangkah.  Sebagian warga terpaksa dieavakuasi. Di Desa Buayan,  akses jalan di Gondosuli air menggenangai jalan 1,5 mter sehingga jalan tertutup.

“Kami mohon bantuan untuk dapur umum atau evakuasi warga di Kecamatan Buayan”ungka Wikan Tris Junanto .

Banjir Terjad sejak Pukul 23.30

Perahu karet BPBD Kebumen mengevakuasi warga yang terkurung banjir.(Foto:SB/Ist)

Menurut data yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Kebumen hingga Pukul 09.30, banjir terjadi sejak pukul 23.30 di Kecamatan Ayah meliputi Desa Mangunweni,  Jatijajar,  Candirenggo dan  Demangsari.

Bahkan di Desa Kedungweru  Ayah ada pengungsi sebanyak 211 jiwa,lansia 27, balita 33, dewasa 151. Di Desa Kalisari, RT 06 RW 2, ketinggian 50-70 cm, 2 rumah ambruk (dalam pendataan), Desa Watukelir, RW 3, RT 01 RW 04 masuk rumah 50 cm ( Siti, 3 Jiwa), RT 02 RW 04 Jalan Kabupaten, ketinggian 130 cm.

Kondisi banjir di Kecamatan Rowokele melanda Desa Pringtutul, RT 06, RT 05 RW 02. Kedalaman air kurang lebih 1 meter, warga sedang di evakuasi dan sebagian  sudah mengungsi ke tempat lebih tinggi. Jumlah jiwa masih dalam pendataan, RT 04 RW 01 Desa Pringtutul.

Warga saat ini sedang dievakuasi ketempat lebih tinggi di rumah rumah warga (masih dalam pendataan). Di Desa Kalisari, 2 rumah ambruk Desa Redisari, ketinggian 50 cm.

Sementara itu di Kecamatan Buayan banjir melanda Desa Tugu, Desa Gondosuli, Desa Rogodadi. Di Desa Jladri titik 1 di wilayah RT 0 1 /Rw 01, Rt. 02 /Rw.01, Rt.02/Rw.0 2 , Rt.01/Rw.03 dukuh tengah ada sekitar 21 rumah terendam. Seluruh warga RT 2 RW 1 mengungsi di balai dukuh tengah sekiat 54 warga.

Sedanngkan di Kecamatan Adimulyo banjir melanda Desa Sidomukti, Desa Pekuwon, Dukuh Karangputat RT 04 RW 03, Tergenang ketinggian air sudah masuk rumah 50 cm. Kecamatan Gombong

Banjir juga melanda wilayah perkotaan seperti Kecamatan Kebumen  eperti Desa  Sumberadi, Tanahsrai, Jatisari dan Roworejo.

Wilayah Kecamatan Karanganyar akses Jalan Nasional depan Hotel Aman ada genangan cukup tinggi sehingga arus lalu-lintas sempat  terputus. Banjir juga melanda Kelurahan Plarangan dan Kelurahan Panjatan.

Lurah Panjatan Kecamatan Karanganyar Juniadi Prasetyo  mengimbau  warganya  berhati-hati. Sebab banyak genangan air akibat jebolnya  tanggul Sungai Karanganyar di belakang swalayan Mitra Sehati

Beberapa wilayah di Kebumen lokasi dilaporkan terjadi bencana tanah longsor seperti di wilayah Kecamatan Padureso, Alian  dan Karanggayam. Sejauh ini BPBD Kebumen melaporkan  belum ada korban jiwa. Namun kerugian material dan kerusakan infrastruktur masih dalam pendataan.

Komper Wardopo