Para atlet paramotor Jateng, saat melakukan persiapan latihan yang dilakukan di Lapangan Kodam IV/Diponegoro, untuk persiapan ke kejurnas. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudiyanto, yang diwakili Dandenma Kolonel Arm Budi Isdarmanto, melepas Tim Paramotor Jateng untuk berlaga di Kejurnas dan Kapuspotdirga Cup 2022, yang akan berlangsung Kamis-Minggu (24-27/3/2022) mendatang, di Airstrip Detasemen TNI AU Gorda, Kabupaten Serang, Banten.

Budi saat melepas tim Jateng itu menyemangati para atlet, supaya bisa bertanding dengan penuh percaya diri, dibarengi disiplin yang tinggi.

”Kami mendoakan agar kalian bisa mencapai prestasi terbaik. Saya siap mendukung paramotor, bukan hanya 100 persen, tapi 101 persen,” ujar dia saat acara pelepasan yang berlangsung di Lapangan Parade Kodam, dan dihadiri beberapa pengurus Pengprov Paramotor ini.

BACA JUGA: Banjir Kepung Kebumen, Ratusan Warga di 3 Kecamatan Mengungsi

Dalam kesempatan itu, Dandenma selain menyampaikan kesediaan Panglima Kodam untuk menjadi pembina Pengprov Paramotor Jateng, sekaligus memberi “bekal” kepada para atlet.

”Jangan dilihat jumlahnya, tetapi sedikit bekal ini anggap saja sebagai penyemangat para atlet untuk bersaing menjadi yang terbaik,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Paramotor Jateng, Sunoto, yang juga merangkap sebagai atlet menjelaskan, even yang juga untuk memeriahkan HUT Ke-76 TNI AU itu, rencananya memainkan mata lomba, Foot Launch, Wheel Launch dan Tandem.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Senam Aerobik secara Daring

Dari tiga mata lomba itu, para atlet akan bersaing di delapan nomor, yakni untuk Foot Launch memainkan nomor presisi, navigasi, economic dan slalom. Kemudian di Wheel Launch dilombakan nomor presisi dan navigasi. Lalu untuk tandem juga ada nomor presisi dan navigasi.

Kontingen Paramotor Jateng akan dipimpin Agus Wahyudi sebagai manajer, pelatih dipercayakan kepada Nanang Indardi. Sedangkan para atletnya yakni, Sunoto, Izzul Haq, M Afifian, Suharyanto, Sutiyana, Kuwadi, Revan, Thomas, WK Chandra dan Toni.

Mereka didampingi ground crew Didik Apriyanto, Wahyu, Roji, Bambang Kuat, Didik Hermawan, Deni, Alvi dan Hartati.

BACA JUGA: Rayner Setiawan, Podcaster 10 Tahun yang Fasih Bicara Sains

Mengenai persiapan Jateng menghadapi kejuaraan Nasional ini, Sunoto menjelaskan, secara rutin mereka sudah mempersiapkan diri setiap hari di Kendal. Namun para atlet Jateng ini juga sering melakukan latihan bersama di sejumlah tempat di Jateng.
Secara teknis, pihaknya mengaku sudah sangat siap menghadapi even ini.

”Untuk sementara kami menargetkan tiga medali emas dari delapan nomor yang dipertandingkan. Mudah-mudahan bisa lebih,” ujarnya, sembari mengharapkan doa dari masyarakat Jateng secara umum, dan juga Federasi Aerosport Seluruh Indonesia Daerah (Fasida) Jateng.

Rencananya, tim Jateng akan bertolak ke Serang pada Senin (21/3/2022). ”Berangkat lebih awal lebih baik, karena kami juga perlu adaptasi dengan arena pertandingan. Khususnya menyangkut kondisi dan perubahan cuaca,” ungkap dia.

Riyan