Satria Muda Indonesia (SMI) Jawa Tengah menggelar musyawarah daerah (Musda) persiapan menghadapi PON 2024, Sabtu (12/3/2022). Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid, terpilih secara aklamasi sebagai Komda Satria Muda Indonesia (SMI) Jawa Tengah.

Satria Muda Indonesia menjadi salah satu organisasi atau wadah olahraga pencak silat yang menyumbang atlet di pekan Olahraga Nasional (PON).

Terpilih sebagai Komda Satria Muda Indonesia (SMI) Jawa Tengah, bukan hal yang enteng. Abdul Wachid diminta segera menyiapkan organisasi yang didirikan Prabowo Subianto tahun 1987 tersebut untuk sejumlah event regional dan nasional.

Pj Ketua Umum SMI, Erizal Chaniago mengatakan akan ada Porda tahun 2022 jelang sebagai even pra-PON yang digelar tahun 2024.

“Dibawah komando Pak Abdul Wachid, SMI Komda Jawa Tengah akan mampu melakukan konsolidasi organisasi sampai merata di semua kabupaten/kota se Jawa Tengah. Harapannya bisa menumbuhkan kembali seni bela diri pencak silat yang merupakan olahraga beladiri asli dari Indonesia,” ujar Erizal Chaniago pada Kegiatan Musda SMI, Sabtu (12/3/2022).

Kebutuhan akan konsolidasi juga didasari untuk kepentingan persiapan even pekan olahraga nasional yang akan dilakukan tahun 2024 dan sebelumnya didahului pra pekan olahraga nasional tahun 2023.

Sebelum Pra PON akan ada event Porda pada tahun 2022, padatnya jadwal event tersebut diharapkan mampu diikuti dengan baik oleh SMI Komda Jawa Tengah di bawah Komando H Abdul Wachid.

Sementara itu dalam sambutannya, Abdul Wachid yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI ini menyampaikan kesiapannya mengemban amanah tersebut.

Sejauh ini, Abdul Wachid mengaku sudah terbiasa membantu perkembangan olahraga pencak silat di Kabupaten Jepara baik melalui SMI maupun IPSI.

“Akan gerakkan seluruh potensi jejaring di Jawa Tengah untuk menghidupkan dan membangkitkan olah raga pencak silat melalui SMI,” kata Abdul Wachid.

Hery Priyono