blank
Doktor Ganjar Harimansyah (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada salah satu perwakilan peserta Sosialisasi Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka. Foto: dok/ist

SOLO (SUARABARU.ID)– Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini menggelar Sosialisasi Kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka, bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan Kota Surakarta, di Aula SMP Negeri 1 Surakarta.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk menyosialisasikan UKBI dan Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka, bagi Pelajar di Kota Surakarta. Peserta kegiatan itu adalah 40 Kepala SMP Negeri dan Swasta di Kota Surakarta, serta pejabat Dinas Pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta MSi menyatakan, pihaknya memberikan dukungan sepenuhnya, terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

BACA JUGA: Hipmi Goes to Schoool Cetak Pengusaha dan Pemimpin Muda

”Kami akan menyosialisasikan UKBI Adaptif secara maksimal. Semua SMP negeri dan swasta di Surakarta yang memiliki sarana prasarana memadai, akan dilibatkan,” kata Dian dalam sambutannya.

Menurutnya, setiap peserta didik akan diikutsertakan dalam pengujian kemahiran berbahasa Indonesia, melalui Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka. Dengan begitu, Surakarta bisa memperoleh capaian peserta uji yang tinggi.

Untuk mendukung pemartabatan bahasa Indonesia, lanjut Dian, pihaknya juga akan memikirkan kebijakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pada hari dan waktu tertentu.

BACA JUGA: PMI Kebumen Ajak Mahasiswa dan Pelajar Ikut Siaga Bencana

”Selain itu, kami berharap UKBI dapat dijadikan tolok ukur pembelajaran bahasa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng (BBPJ), Dr Ganjar Harimansyah menambahkan, pihaknya sebagai UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memiliki beberapa tugas utama.

Di antaranya pengembangan, pembinaan, pelindungan bahasa dan sastra, serta peningkatan fungsi kebahasaan. Penyelenggaraan UKBI merupakan salah satu upaya pembinaan penutur bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Cak Imin Silaturrahmi ke KH Abdul Khalim AYM di Wonosobo, Ada Apa?

”Kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan bersinergi dengan para pemangku kepentingan di Jateng,” terang Ganjar.

Selain Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Dikdas SMP Abdul Haris Alamsyah, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Kurnia Widianto, Kasi Manajemen dan Peningkatan Mutu SMP Abi Satoto, serta Ketua MKKS SMP Kota Surakarta Sutarmo.

Semua peserta kegiatan itu mengikuti UKBI Adaptif Merdeka. Setelah mengikuti kegiatan itu, diharapkan para peserta dapat menyosialisasikan pentingnya UKBI, dan menjadikannya sebagai sarana untuk menggali potensi berbahasa guru dan peserta didik.

Riyan