blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum tengah memberikan sambutan dalam acara penanaman pohon langka oleh guru besar dalam rangkaian Upacara Dies Natalis ke-46 UNS di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (10/3). (Dok/UNS)

SURAKARTA(SUARABARU.ID) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih peringkat ke-7 UI Green Metric Award University Ranking tahun 2021 tingkat nasional.

Menyusul penyerahan Sertifikat Penghargaan UI Green Matic oleh Koordinator Green Campus UNS, Dr. Suryanto, S.E., M.Si. kepada Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., di sela-sela acara Upacara Dies Natalis ke-46 UNS di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (10/3).

Dalam kesempatan sama juga berlangsung pemberian penghargan untuk fakultas dan Dosen.

Koordinator Green Campus UNS, Dr. Suryanto, S.E., M.Si. dalm kata penyerahnny mengatakan, UI GreenMetric Award University Ranking tahun 2021 sudah diumumkan akhir Desember lalu.

Selain memperoleh peringkat ke-7 tingkat nasional, UNS juga meraih peringkat ke-79 UI Green Matic Award University Ranking tahun 2021 dari 956 Perguruan Tinggi di dunia.

“Terima kasih atas doa dan dukungannya, akhirnya UNS meraih peringkat ke-7 nasional,” ungkap Dr. Suryanto.

Dalam kesempatan sama Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum, juga memberikan penghargaan untuk fakultas dan Dosen.

Dikatakan, menjadi tradisi baru di Dies Natalis ke-46 ini, UNS mentradisikan pemberian penghargaan kepada dosen yang berkinerja sangat baik dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Penghargan juga diberikan kepada para inventor dan kreator terproduktif untuk kategori Paten dan Intelektual Property Ride tahun 2022.

“Semoga pemberian penghargaan akan memberikan motivasi dan menjadi inspirasi para dosen untuk lebih produktif dalam berkarya, memberikan sumbangsih keilmuannya bagi kepentingan kemasyarakatan dan bangsa Indonesia,” kata Prof. Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum

Dari Humas UNS diperoleh informasi tentang dosen yang meraih penghargaan inovasi, penelitian dan pengabdian masyarakat LPPM 2021.

Peringkat pertama kategori guru besar bidang sains dan teknologi yakni Prof. Dr. Bambang Suhardi, S.T., M.T. dari Fakultas Tehnik. Peringkat pertama kategori guru besar bidang sosial dan humaniora, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis .

Peringkat pertama kategori lektor kepala bidang sains dan teknologi, Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D. dari Fakultas Teknik (FT). Peringkat pertama kategori lektor kepala bidang sosial dan humaniora, Rumi Iqbal Doewes, S.Pd., M.Or. dari Fakultas Keolahragaan.

Peringkat pertama kategori lektor bidang sains dan teknologi, Dr. Eng. Aditya Rio Prabowo, S.T., M.T., M.Eng. dari FT. Peringkat pertama kategori lektor bidang sosial dan humaniora, Sigit Purnomo Adi, S.Sn., M.Sn. dari Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Peringkat pertama kategori asisten ahli bidang sains dan teknologi, Nurhasan Agung Prabowo dr., Sp. PD., M.Kes. dari Fakultas Kedokteran (FK). Peringkat pertama kategori asisten ahli bidang sosial dan humaniora, Dr. Sapto Hermawan, S.H., M.H. dari FH.

Peringkat pertama kategori tenaga pengajar bidang sains dan teknologi, Niken Bayu Argaheni, S.ST., M.Keb. dari FK. Peringkat pertama kategori tenaga pengajar bidang sosial dan humaniora, Tastaftiyan Risfandy, S.E., M.Sc., Ph.D. dari FEB.

Sedangkan penghargaan pemeringkatan dosen berdasarkan data inventor dan kreator terproduktif UNS tahun 2022, peringkat pertama inventor dan kreator terproduktif kategori paten diraih oleh Dr. Eng. Hendri Widiyandari, S.Si., M.Si. dari FMIPA.

Lalu peringkat pertama inventor dan kreator terproduktif kategori hak cipta, Yudho Yudhanto, S.Kom., M.Kom. dari Sekolah Vokasi.

Untuk juara umum green campus antar fakultas diraih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Juara favorit diraih Fakultas Teknik.

Juara kategori Setting and Infrastructure diraih Fakultas Hukum. Juara kategori Energy and Claiming diraih Fakultas Ilmu Budaya.

Juara kategori West diraih Fakultas Pertanian. Juara kategori Transportation diraih oleh Sekolah Pascasarjana. Juara kategori Education diraih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Bagus Adji