Indah Puspita Sari. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebuah kejutan kembali terjadi di Kejuaraan Atletik Jateng Open 2022 hari kedua, yang berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Rabu (2/3/2022).

Meteor baru itu bernama Indah Puspita Sari, yang kembali mempertahankan supremasinya di nomor bergengsi lari jarak pendek. Di hari pertama, Indah menjadi manusia tercepat di nomor 100 meter putri. Sore tadi dia kembali menjadi juara di nomor 200 m putri.

Ketua Umum PASI Jateng Rumini menilai, talenta-talenta baru bermunculan di ajang ini. Dia berharap, pelari belia seperti Indah Puspita Sari bisa memperkuat tim Jateng di PON 2024 mendatang.

BACA JUGA: KKN Unisnu Peringati Isra’ Mi’raj ke Makam Auliya’ Daeng

”Saya bersyukur, potensi baru tumbuh di even ini. Saya apresiasi kepada Indah yang belum genap setahun di atletik tapi sudah melesat. Usianya masih muda 16 tahun, dan berpotensi bisa ikut tiga kali PON,” kata Rumini di sela-sela jalannya lomba.

Ditambahkan dia, muncul juga atlet potensial lainnya seperti Fabiola, Hadi, Atina dan Florencia. ”Atlet-atlet itu masih bisa menjadi tumpuan Jateng di PON mendatang,” imbuh Kabid Binpres KONI Jateng itu.

Sementara itu di nomor lari 400 meter, dua atlet Jateng yang turun di PON XX/Papua, Hadi Nur Ihsan dan Fabiola Franselina Dejamor, berjaya di kategori putra dan putri.

Para atlet momor lari bersaing ketat menjadi yang tercepat di Kejuaraan Atletik Jateng Open 2022, yang berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang, Mugas, Semarang. Foto: hafidz

BACA JUGA: PCNU Jepara Beri Masukan Soal Ranperda Pesantren

Hadi, sprinter PASI Kabupaten Batang peraih medali perunggu PON XX/Papua, merebut gelar nomor lari 400 m putra dengan membukukan waktu 49, 95 detik. Urutan kedua ditempati Mirawan (Pegasus Club) yang mencatatkan waktu 49,97 detik, disusul Moh Indra (Smanor Jatim) dengan 50,34 detik.

Sukses Hadi juga diikuti Fabiola, yang membawa nama PASI Kabupaten Semarang menjadi ratu lari 400 meter Jateng Open, setelah menyentuh garis finish tercepat dengan torehan waktu 59,10 detik.

Urutan kedua ditempati Faustina Samponwenan (PASI Kota Malang/59,20 detik), disusul Florencia Amanda (Kota Semarang/59,95 detik). Fabiola dan Florencia sendiri adalah tim Jateng yang merebut emas di nomor estafet 4×400 meter putri PON Papua tahun lalu.

BACA JUGA: Identitas Lelaki Yang Bersama Korban Sungai Balong Diketahui

”Saya bersyukur bisa menjadi juara di Jateng Open. Setelah merebut medali emas di PON lalu, saya makin bersemangat untuk menekuni nomor lari 400 meter ini,” tutur Fabiola, alumnus FIK Unnes itu.

Di nomor lempar lembing, atlet PON Jateng lainnya, Atina Nurkamila yang berbendera Kabupaten Banyumas, menjadi pelempar terjauh di even ini, dengan jarak 46,68 meter. Posisi kedua dan ketiga ditempati Arum Sulistiyo (PASI Kota Semarang/37,79 m) dan Susan (PASI Grobogan/35,61 m).

Even yang digelar selama tiga hari, Selasa-Kamis (1-3/3/2022), diikuti 787 atlet dari 153 klub.

”Sebenarnya kegiatan ini akan digelar bulan Mei atau Juni mendatang. Namun mengingat untuk kepentingan Nasional, akhirnya diselenggarakan sekarang. Semua peserta merupakan atlet Nasional, yang memiliki prestasi bagus,” tukas Rumini.

hfd-Riyan