blank
Pimpinan MA Almaarif Singosari di Jl Rongolawe Malang menerima kunjungan mahasiswa Progam Pascasarjana IAINU Kebumen, Senin 21/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAINU Kebumen melakukan studi ke MA Al Maarif Singosari, Malang, Senin (21/2).

Kunjungan ini dilaksanakan sebagai refleksi setelah selesainya Mata Kuliah Dasar-dasar Manajemen Pendidikan Islam. Selain itu kunjungan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dan penguatan materi perkuliahan.

Direktur Program Pascasarjana IAIN U Kebumen sekaligus Dosen Penganmpu Mata Kuliah Dr Sulis Rochmawanto menjelaskan, acara diikuti sebagian mahasiswa Pascasarjana sejumlah 40 mahasiswa.

Dalam kuliah lapangan ini membahas secara mendalam tentang strategi dan pengelolaan lembaga pendidikan sehingga terbukti lembaga MA Al Maarif Singosari yang dirintis se jka 1923 mampu bertumbuh dan eksis. Bahkan memberikan jawaban kepada masyarakat atas pertanyaan dan tuntutan yang ada.

Ketua Pelaksana, Igun, menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menguatkan keilmuan  tentang manajerial. Selain itu kunjungan ini diberikan istilah study visit. Artinya bahwa mahasiswa ingin belajar bagaimana mengelola lembaga pendidikan.

“Melalui ini semoga kegiatan ini menjadi bekal bagi mahasiswa untuk nantinya menjadi pengelola lembaga pendidikan,”jelas Igun.

Kepala Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari di Jalan Ronggolawe, Malang, Abdul Kadir menyampaikan, bahwa kunjungan ini membawa kebahagiaan tersendiri  sehingga dapat bersama-sama belajar, saling ngangsu kaweruh dari teman-teman mahasiswa.

“Proses belajar kita sebagai bentuk respons atas adanya tantangan demografi dan lahirnya generasi alfa. Untuk itu mari kita melalui dunia pendidikan, kita bersama sama untuk membantu masyarakat dan pemerintah menjawab peluang ini,”jelas Abdul Kodir .

Menurut Abdul Kodir, garis besar pendidikan di madrasah tersebut adalah pembinaan watak dan pikiran. Dengan demikian apa yang dilakukan membawa manfaat untuk semuanya.

Dalam konteks pelaksanaan pendidikan kontemporer, pengelola atau yayasan selalu memberikan keleluasaan sehingga yayasan tidak merara selalu di atas. Jadi pengelola sama-sama saling menguatkan dan mengembangkan. Lebih dari itu, lembaga pendidikan jangan ketinggalan zaman.

Dalam kesempatan tersebut  Pengampu Mata Kuliah, Sulis Rokhmawanto, menyampaikan bahwa apa yang dilaksanakan oleh MA Almaarif Sungosari sangat relefan dengn kebutuhan masyarakat. Dengan demikian mahasiswa sangat dianjurkan untuk selalu belajar kepada lembaga lembaga yang memiliki visi yang jelas membangun dan membantu masyarkat.

Komper Wardopolma