blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memanen sayuran di Kebun Kita di belakang Rumah Dinas, Rabu 16/2.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama pimpinan OPD memanen padi, ikan dan sayuran  di Kebun Kita Agri Smart di belakang Rumah Dinas Bupati, Rabu 16/2.

Pelaksanaan panen berlangsung meriah. Bupati didampingi  istri Iin Windarti dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Sekda Ahmad Ujang Sugiono serta pimpinan OPD memanen hasil bumi berupa padi, sayur mayur dan ikan yang ada di Kebun Agri Smart.

“Alhamdulillah di Musim Tanam 1 atau MT 1 kita sama-sama memanen hasil bumi berupa padi, sayur mayur dan panen ikan di Kebun Kita Agri Smart. Semua tanaman di sini sudah siap panen untuk dikonsumsi bersama,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Ny Iin Windarti, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan pejabat OPD memanen sayur mayur di Kebun Kita Agri Smart.(Foto:SB/Ist)

Bupati menyatakan, ini adalah masa panen pertama sejak lahan tidur tersebut diolah menjadi kebun Agri Smart. Lahan yang semula terbengkalai, seolah sudah disulap menjadi lahan produktif yang mempunya nilai fungsi lebih.

“Saya ingatkan lagi bahwa Agri Smart ini dulunya adalah lahan tidur, tidak terpakai. Kemudian kita olah menjadi lahan produktif dengan dibuat kebun yang ditanami berbagai macam sayuran. Ini masuk panen pertama sejak 120 hari yang lalu kita bersama-sama tanam padi,”terang dia.

Bupati kembali menepis anggapan banyak orang yang mengisukan belakang rumah dinas bakal dibangun kolam renang mewah. Namun kenyataanya hanya kolam ikan lele dan sawah. “Dulu ini diisukan mau dibuat kolam renang. Ternyata kolam lele sama sawah,”ujar Bupati sembari  tersenyum.

Jadi Contoh Pemanfaatan Lahan Kosong

Dengan adanya Kebun Agri Smart ini kata Bupati, bisa menjadi percontohan bagi camat, kepala desa atau masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan kosong yang tidak terpakai menjadi lahan produktif untuk ditanami sayuran. Ini juga dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

“Harapannya dengan adanya Kebun Agri Smart ini, bisa menjadi contoh bagi camat  kepala desa dan juga masyarakat agar tidak segan untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. Ajak masyarakat untuk gemar bertanam dengan memaksimalkan  lahan kosong disamping rumah, agar tercipta ketahanan pangan keluarga,” tandasnya.

Arif Sugiyanto menyatakan Agri Smart terbuka bagi masyarakat umum. Siapa pun diizinkan untuk melihat kebun untuk sarana belajar dan edukasi. Bahkan sampai saat ini jumlah pengunjung Agri Smart sudah mencapai ribuan orang. “Kalau mau belajar silakan datang ke sini. Agri Smart terbuka untuk masyarakat umum,”jelasnya.

Ada banyak sayur yang tersedia di Agri Smart. Bupati menyempatkan panen padi varietas INPAGO, labu madu, bayam brazil, kangkung aquaponic, pare belut.

Selain itu  juga tersedia tanaman lain, berupa cabe, kunyit, tanaman okra, vanili, mrica, kubis, terong, pare, kacang panjang, jambu kristal, jambu air, jagung unggu, tomat, buncis, ada lauk pauk berupa lele, belut, ikan gabus, sama ikan mujaer.

“Alhamdulillah semua sudah lengkap ini telah cukup untuk menyuplai kebutuhan pangan untuk pendopo. Jadi dengan kebun ini, kebutuhan pangan kita sudah tidak lagi belanja di luar. Karena apa yang kita tanam sudah cukup memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,”terang Koordinator Kebun Kita Agri Smart, Moch. Samsul  Ma’arif

Menurut penjelasan Samsul, Kebun Kita  juga mengadopsi tanaman dataran tinggi untuk di kembangkan. Seperti Golden Mama  dan buah strawberry, tanaman kale untuk obat penyakit kanker, serta tersedia juga kandang tawon madu.

Komper Wardopo