Rapat Kerja Kabupaten (RKK) KONI Kab Jepara 2021

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kabupaten Jepara sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) 2023. Jika sebelumnya Jepara berada di peringkat 10 besar, saat ini target 5 besar menjadi misi utama.

Bupati Jepara dan KONI Siap sukseskan Porprov 2023

Hal ini terlihat dalam Rapat Kerja Kabupaten (RKK) KONI Kab Jepara 2021 yang diselenggarakan pada, Rabu (16/2/2022), di D’Season Premiere Hotel Bandengan, Jepara. Baik bupati Jepara maupun KONI sama-sama ingin bersinergi menyukseskan Porprov Jateng.

Dalam sambutanya, Bupati Jepara Dian Kristiandi mendukung target KONI untuk Porprof tahun 2023 ini, dari peringkat 10 besar menjadi 5 besar di Jawa Tengah, dan mengatakan bahwa target ini bukan mimpi semata, tapi memang ada potensi yang luar biasa dari para atlet di Jepara.

Terkait persiapan sebagai tuan rumah bersama kabupaten lain di Pati Raya, Dian Kristiandi mendukung sepenuhnya penyiapan venue (lokasi) pelaksanaan cabang olahraga, yang akan digelar di sejumlah fasilitas  olahraga di Jepara.

“Kesiapan venue ini kita siapkan di tahun ini. Sebelum pelaksanaan Porkab yang menjadi awal pelaksanaan pra Porprpof dan Porprov semua venue tersebut harus sudah siap. Kita akan dorong dinas teknis,” kata Andi, sapaan akrab Bupati Jepara.

Sementara itu, Ketua KONI Jepara Syamsul Anwar mengatakan, untuk mencapai target 5 besar di Jawa Tengah, Jepara harus mampu meningkatkan capaian dari 19 menjadi 50 medali emas. Namun memang butuh kerja keras.

Prestasi itu menurutnya bisa diraih tidak dengan waktu yang singkat. Butuh proses. KONI Jepara baru menata tata kelola organisasi baik internal KONI maupun cabor dalm satu tahun terakhir. Begitu juga dengan pola pembinaan atlet.

“Persiapan jelang porprov telah dilakukan. Para atlet peraih medali pada Porprov sebelumnya dan atlet berprestasi di ajang pekan olahraga nasional (PON) dan atlet berprestasi lainnya masuk dalam program Pusat Pelatihan Kabupaten (Puslatkab) KONI Jepara. Dengan tujuan mempertahankan medali Porprov yang telah diraih dan mendulang medali tambahan,” kata Syamsul.

Jepara dipastikan ketempatan sembilan cabor. Di antaranya ada sepak bola, sepak takraw, renang, balap sepeda, wood ball, pentanque, dansa, selam laut, dan futsal. Namun masih ada kemungkinan akan ada tambahan lima cabor lagi. Itu adalah thriathlon, squash, downhill, voli pantai, dan balap motor. Sehingga menjadi 14 cabor.

Ua/Kominfo