blank
Dua tim robotik MTs NU Banat Kudus, Creative Project dan Tim Maze Solving, meraih penghargaan Special Award dan Excellent Award, di ajang Jateng Robotic Competition 2022, yang digelar di MAN 1 Kota Semarang, Sabtu (12/2/2022). Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– MTs NU Banat Kudus, kembali meraih prestasi di ajang Jateng Robotic Competition 2022, yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang, Sabtu (12/2/2022).

Dalam lomba robotik yang digelar MAN 1 Kota Semarang bekerja sama dengan Indonesia Robotic Centre Federation (IRCF) itu, tim Creative Project MTs NU Banat berhasil memboyong juara Special Award, dan Tim Maze Solving memperoleh Excellent Award.

Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah MPd mengatakan, madrasahnya mengirimkan dua tim untuk berlaga di ajang yang memperebutkan Piala Kakanwil Kemenag Jateng, dan diikuti lebih dari 50 tim robotik.

BACA JUGA: Tetap Berkomitmen Perkuat Keunggulan Operasional, Semen Gresik Luncurkan Kejar K3

Dua tim yang dikirim itu yakni, Tim Creative Project MTs NU Banat Kudus yang terdiri dari Aisha Kamila Gussaldy, Reneisha Zea El Daviq, dan Nabilah Sabilil Haq. Sedangkan Tim Maze Solving terdiri dari Jihaan Hanuun Haniifa dan Anif Fathiya Achsan Salsabila.

”Alhamdulillah, karena tim yang kami kirim bisa mendapatkan Special Award dan Excellent Award. Semoga pada ajang lomba ke depan, kami bisa memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi,” kata Khusomah, seperti dalam rilis resminya, Minggu (13/2/2022).

Keberhasilan tim robotik yang baru dibetuk di MTs NU Banat itu, lanjut Khusomah, tidak terlepas dari kerja keras para siswa, yang didampingi pembimbingnya. Pihak madrasah juga berusaha memfasilitasi dan menampung anak-anak yang kreatif dan inovatif ini, agar bisa mengembangkan bakatnya di salah satu madrasah riset itu.

BACA JUGA: Begini Ketika Tiga Legenda Bola Indonesia Mengunjungi Museum TitikNol

”Kami sampaikan terima kasih kepada para siswa, guru pembimbing, dan keluarga besar MTs NU Banat. Kami berharap, MTs NU Banat Kudus menjadi madrasah yang unggul di bidang sains, riset, dan teknologi. Selain juga unggul di bidang agama dan pendidikan akhlakul karimah,” jelasnya.

Salah seorang guru pembimbing, Siti Achsinul Aimmah SPd menambahkan, tim robotik MTs NU Banat baru dibentuk tahun ini. Para siswi sangat antusias mengikuti kegiatan robotik, yang menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan hobi mereka.

”Dengan persiapan yang menurut kami sangat singkat, Alhamdulillah tim robotik kami bisa memperoleh hasil yang bisa kami banggakan. Ini berkat dukungan semua pihak dan hasil kerja keras anak-anak yang hebat. Kami yakin, dengan lebih giat berlatih, hasilnya akan lebih membanggakan lagi. Mungkin ke tingkat Nasional atau internasional,” ungkap Bu Aim, panggilan akrab Wakil Kepala Bidang Kesiswaan itu.

BACA JUGA: Tumbuhkan Minat Siswa Berbahasa Inggris Ada Tipsnya

Sementara itu, salah seorang anggota tim Creative Project MTs NU Banat, Aisha Kamila Gussaldy, mengungkapkan rasa senangnya, bisa memenangi salah satu kategori lomba robotik tingkat Jateng itu.

”Kami merasa kerja keras kami dalam latihan yang hanya satu minggu ini, mampu membuahkan hasil. Kami akan berusaha latihan lebih giat lagi, untuk mempersiapkan lomba di tingkat yang lebih tinggi. Kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Kepala Sekolah dan pembimbing, serta teman-teman tim, dan semuanya,” tukas Aisha.

Riyan