pernikahan
Selain digunakan sebagai tempat wisata alternatif selain Candi Borobudur, objek wisata Svarga bumi juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan pesta pernikahan di alam terbuka. Foto: Yon

KOTA MUNGKID, (SUARABARU.ID)- Objek wisata Svargabumi yang berlokasi di Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang tidak hanya menawarkan hamparan sawah yang bisa dijadikan objek wisata saja, melainkan bisa digunakan sebagai tempat pernikahan  yang  bernuansa budaya.

“Di  masa pandemi  covid-19 seperti saat  ini, ruang terbuka merupakan pilihan terbaik untuk menggelar pesta pernikahan, salah satu tempat yang cocok untuk pesta pernikahan yakni di Svargabumi Borobudur,” kata  Dora Lina Bineri, pemilik  DG Orgnanizer, Senin ( 14/2/2022).

Dora mengatakan, kemasan nuansa alam terbuka yang dipadu dengan  budaya Indonesia dalam balutan modern diaplikasikan dalam pemilihan warna natural dan motif khas dalam negeri. Selain itu, beragam instalasi dekorasi  yang ditampilkan juga cukup beragam  mulai dari kain, kayu, anyaman rotan, hingga bahan alam.

Menurutnya, pemilihan objek wisata Svargabumi untuk dijadikan tempat untuk pesta pernikahan, juga bertujuan untuk mengenalkan sesuatu yang baru  di sekita kawasan Candi Borobudur yang  menjadi bagian dari program Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia.

“Kami ingin menumbuhkan ekosisten ekonomi kreatif di sekitar kawasan Candi Borobudur, sehingga nantinya kami  ingin  Borobuduru benar-benar seperti Bali baru. Jadi, orang Indonesia maupun orang mancanagera datang ke Borobudur tidak hanya untuk berlibur, tapi juga untuk menikah,” ujarnya.

Ia menambahkan,  pihaknya juga menggelar acara ‘Asmaradana Wedding Expo’ di Artos Mall selama enam hari, mulai 14-20 Februari 2022. Acara ini merupakan kedua kalinya yang digelar setelah tahun 2021 lalu.

“Acara  tersebut  juga menjadi salah satu perayaan 15 tahun DG Organizer berkarya.  Di usia barunya,  kami terus berkomitmen untuk terus berinovasi, salah satunya melalui program Borobudur Destination Wedding,”imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Destinasi Pariwisata, Badan Otorita Borobudur (BOB), Agustin Peranginangin berharap, dengan munculnya inovasi baru di bidang pariwisata khususnya di kawasan Borobudur dapat meningkatkan minat wisatawan.

Seperti pesta pernikahan bernuansa budaya yang sangat bagus untuk dikembangkan di sekitar Candi Borobudur.

“Paket pernikahan yang dilakukan di sekitar kawasan Candi Borobudur akan memberi banyak ragam pilihan wisata di sekitar Candi Borobudur. Apalagi, saat ini pengunjung tidak bisa naik ke struktur bangunan candi,” katanya. Yon