KPU Jepara juga mengikuti peluncuran pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 yang digelar secara daring oleh KPU Pusat.

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Asisten 1 Sekda Dwi Riyanto yang mewakili bupati Jepara mengatakan proses demokrasi membutuhkan dukungan dan keterlibatan banyak pihak. Ini diperlukan agar pemilu bisa berjalan dengan jujur dan adil, serta dalam penyelenggaraannya betul-betul bermartabat dan berintegritas. Penyelenggara pemilu, pemerintah, partai politik, masyarakat, semuanya punya peran untuk menyukseskan pemilu.

Hal tersebut disampaikan Dwi Riyanto di KPU Jepara saat mengikuti peluncuran pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 yang akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Peluncuran dilakukan KPU RI pada Senin (14/2/2022) malam  ini  diikuti secara daring oleh KPU provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia

Di masing-masing KPU provinsi dan kabupaten/kota, terrmasuk KPU Jepara acara peluncuran itu juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu, serta partai politik

Hadir Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri bersama empat komisioner lain, yakni Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun. Dari Pemkab Jepara, Bupati Jepara diwakili Asisten 1 Dwi Riyanto. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno. Dari Polres Jepara hadir Kabag Ops Kompol Subakir, dan dari Kodim Jepara dihadiri Kapten Arm M Fadelan. Para perwakilan partai politik juga hadir.

Saat memberikan sambutan yang disiarkan secara daring, Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan waktu pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 sudah tertuang dalam surat keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 bertanggal 31 Januari 2022. “Launching (waktu pemungutan suara Pemilu 2024) ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, agar makin banyak yang bisa berpartisipasi demi kesuksesan penyelenggaraannya,” kata Ilham Saputra.

Pemungutan suara pemilu Serentak 2024 dilaksanakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Ilham menjelaskan Pemilu 2024 membutuhkan dukungan banyak pihak. “Kerja sama sesama lembaga penyelenggara pemilu penting dilakukan, termasuk dengan pemerintah,” kata dia. Pemilu, lanjutnya juga membutuhkan dukungan dan partisipasi akti dari partai politik, organisasi masyarakat, para penggiat pemilu, perguruan tinggi, juga berbagai kelompok di masyarakat.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menjelaskan, meskipun pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, namun tahapannya akan dimulai pada 2022 ini. “Berdasarkan rancangan yang sedang disusun KPU RI, Juni sudah dimulai tahapannya, seperti penyusunan program dan anggaran, lalu penyusunan regulasi, dan seterusnya. Ini masih rancangan. Tentu nanti setelah ada keputusan terkait tahapan Pemilu 2024, akan segera disampaikan ke publik,” jelas Subchan.

Tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 masuk di awal-awal masa tahapan. Karena itu ia berharap agar partai politik di Kabupaten Jepara bisa menyiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

Setelah peluncuran waktu pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, kata Subchan, KPU akan terus berkoordinasi dengan banyak pihak karena kerja-kerja penyelenggaraan membutuhkan dukungan berbagai stakeholder.

Hadepe