blank
Perwakilan dari masing-masing Universitas, USM, Upgris dan Unimus, saat melakukan penandatanganan MoU. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM), melakukan kesepakatan kerja sama dengan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas PGRI Semarang (Upgris), dan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), yang dilakukan Dekan Fakultas Teknik USM, Upgris, dan Unimus, di Ruang Sidang Fakultas Teknik, Lantai 7 Gedung Menara USM, Jumat (11/2/2022).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik USM, Dr Purwanto ST MT mengatakan, tidak menutup kemungkinan pihaknya juga melakukan kerja sama dengan fakultas teknik lain di berbagai universitas yang ada di Semarang.

BACA JUGA: Perkumpulan Teknisi Pelayanan Darah, Jamin Kualitas Darah

”Hari ini adalah hari yang luar biasa, karena bisa bersilaturahmi dengan Fakultas Teknik dari Upgris dan Unimus. Sementara bertiga dulu. Namun tidak menutup kemungkinan, kami juga akan melakukan kerja sama dengan universitas lainya yang ada di Semarang,” kata Dr Purwanto.

Ditegaskan dia, MoU ini tidak berhenti pada penandatanganan di atas kertas saja, namun pihaknya akan terus membantu Fakultas Teknik Upgris dan Unimus, untuk berkembang lebih maju.

”Dalam dunia pendidikan, tidak ada istilahnya persaingan, harus saling membantu. Dalam kerja sama ini, mungkin akan muncul progam-progam yang bermanfaat dari pihak-pihak yang terkait,” lanjut dia.

BACA JUGA: Empat Ide Kegiatan Rayakan Valentine di Rumah Saja

Disampaikan pula, pihaknya mengapresiasi adanya MoU ini. Dia juga ingin MoU ini ada tindak lanjutnya. Di Upgris mungkin kami akan membantu jurusan Teknik Sipil, dan di Unimus Teknik Elektro.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Upgris, Drs Slamet Supriyadi M Env St menyatakan, MoU antar-universitas ini sangat penting untuk dilakukan, agar menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik lagi.

”MoU ini menjadi wahana untuk bersama-sama meningkatkan SDM di Indonesia, agar mampu mencetak lulusan sarjana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Polres dan PMI Kebumen Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak USM, yang telah memfasilitasi kerja sama ini. ”Insya Allah kita bisa menjalankan MoU ini dengan baik,” harap Slamet.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unimus, Dr RM Bagus Irawan ST MSi IPM, mengaku merasa bahagia, dan menganggap baik kerja sama ini. ”Atas nama Fakultas Teknik Unimus, kami mengucapkan terima kasih atas perjanjian kerja sama yang digelar Fakultas Teknik USM ini,” tukasnya.

Riyan