Di sinilah Pramuka dengan jumlah anggota sangat besar dan tersebar di seluruh penjuru wilayah, diharapkan mampu mengedukasi masyarakat secara terus menerus tentang bahaya covid-19 dan upaya nyata pencegahan melalui disiplin 5M.

Selain itu juga mendukung penerapan praktik 3T, Testing, Tracing, dan Treatment.  Testing terkait tes covid-19. Tracing meliputi penelusuran kontak erat, dan treatment adalah tindak lanjut perawatan pada pasien covid-19. Tidak kalah penting adalah mendukung program vaksinasi.

Sepintas hal tersebut mudah dilakukan, namun demikian mengingat yang dihadapi adalah masyarakat, maka berbagai dinamikapun terjadi.

Sebagai contoh, ada masyarakat yang sangat berminat vaksin namun ternyata belum cukup usia untuk antri karena mendahulukan kelompok lanjut usia (lansia).

Sebaliknya saat vaksin digelar, ada masyarakat yang tetap tidak mau divaksin dengan berbagai alasan, seperti takut jarum suntik, tidak merasa butuh vaksin, dll. Maka di sinilah perlunya menyikapi secara bijak.

Peran DPP

Untuk menjadi DPP bukan hal yang sulit. Siapapun dapat melakukannya diawali dengan registrasi melalui https://bit.ly/DPPPramuka. Melalui pendaftaran diawali dengan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ini lantaran salah satu form yang harus diisi adalah terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor handphone masing-masing. Nomor HP diperlukan guna membuat akun. Setelah beberapa saat, selanjutnya perlu membuka link https://linktr.ee/SatgasPerubahanPerilaku.