blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada wakil para pelajar, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang memberikan beasiswa kepada 59 siswa kurang mampu dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

Beasiswa ini merupakan salah satu program Baznas dalam rangka meningkatkan pendidikan masyarakat di Kota Magelang.

Penyerahan dilaksanakan di Pendapa Pengabdian, kemarin. Kegiatan itu dihadiri Wali Kota Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota M Mansyur dan para kepala OPD Pemkot Magelang.

Ketua Baznas Kota Magelang, Ahmad Zainuddin menerangkan, kegiatan ini merupakan penyerahan/pentasyarufan dana zakat, infaq dan sodakoh yang dihimpun melalui Baznas Kota Magelang untuk pendidikan di kota ini.

‘’Pentasyarufan kali ini untuk biaya pendidikan kepada 59 siswa. Terdiri atas 28 siswa SD/MI, 18 siswa SMP/MTs dan 13 siswa SMA/MA. Total beasiswa sebanyak Rp 33.900.000,’’ katanya.

Ahmad menuturkan, sampai saat ini dana zakat, infaq dan sodakoh yang diterima Baznas Kota Magelang mencapai Rp 300 juta, dan sudah 100 persen disalurkan untuk berbagai tujuan. Antara lain untuk  pendidikan, kesehatan, sosial hingga penanggulangan bencana alam dan sebagainya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga seperti BPBD, Dinas Sosial, Disperkim, juga Lazis dan lembaga terkait lainnya.

‘’Semoga betul-betul memberi manfaat bagi masyarakat, juga membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, meningkatkan pendidikan masyarakat Kota Magelang,’’ tambah Ahmad.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz berpesan, seluruh lembaga zakat bersama pemerintah daerah harus kompak untuk mengatasi kemiskinan dan mengatasi pengangguran, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Magelang.

‘’Kalau kita kompak, berkolaborasi mengatasi kemiskinan, pengangguran dan meningkatkan pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita juga akan meningkat. Tidak bisa kalau kita berjalan sendiri-sendiri,’’ tegasnya.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono