blank
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meninjau Pasar Johar relokasi MAJT yang terbakar, Rabu (2/2/2022).

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kebakaran hebat melanda Pasar Johar Relokasi yang berlokasi Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah Jalan Soekarno Hatta, Kota Semarang Rabu sore hingga malam, menghangus ratusan kios.

Korban dan kerugian yang dialami belum diketahui pasti sampai saat ini. Armada pemadam kebakaran juga didatangkan dari Kudus dan Demak untuk mengatasi api yang membvakar blok F dan E Pasar Johar relokasi ini.

Dikutip dari akun Instagram @Infokejadiansemarang, api yang begitu besar dengan cepat merambat dan menghanguskan kios yang berada di relokasi Pasar Johar.

Sepuluh unit pemadam kebakaran dan para pedagang berusaha untuk memadamkan kobaran api yang begitu besar. Akibat dari kebakaran ini membuat arus lalu lintas dari Citarum hingga Arteri menjadi tersendat.

blank
Kebakaran di Pasar Johar Relokasi. Foto: tangkapan layar akun twitter @infojateng

Tampak di lokasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang memberikan arahan kepada petugas dan warga yang berupaya memadamkan kobaran api.

Hendi Minta Pedagang Sabar

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memantau proses pemadaman api di lokasi. Ada sekitar 700-an kios lapak pedagang yang berada di Blok F hingga Blok E Pasar Johar relokasi MAJT.

“Malam ini kita lihat kebakarannya sangat besar dan sedang dipadamkan oleh petugas dari Damkar Kota Semarang, saya juga berterima kasih atas bantuan dari Brimob, Polrestabes, dan dari Kabupaten Kudus serta Demak yang turut membantu. Ikhtiarnya hari ini kita pemadaman dulu,” katanya.

Kepada para pedagang yang kios lapaknya terbakar, Hendi meminta untuk bersabar. Setelah kebakaran berhasil ditangani dirinya berjanji akan memberikan bantuan kepada para pedagang tersebut.

“Setelah ini nanti kita akan berembuk untuk mencari cara penanganan dan support-nya, terutama kepada para pedagang yang lapaknya ludes, biar nanti diidentifikasi dulu oleh dinas terkait. Setelah ini akan ada bantuan dari pemerintah agar mereka bisa jualan,” katanya.

Pasar Johar relokasi MAJT terbakar hingga meluluhlantakkan sejumlah kios lapak pedagang, diperkirakan api menyala sekira pukul 18.00 WIB dari sebuah lapak kosong di Blok F yang menjalar hingga ke Blok E pasar.

Sampai berita diturunkan, sejumlah unit pemadam kebakaran baik dari Damkar Kota Semarang, Kudus, serta Demak dikerahkan untuk memadamkan api yang masih berkobar hebat melumat sejumlah lapak pasar.

Mikha/Rona/Inge/Hery Priyono