blank
Peserta Diplomatic Course tengah berfoto bersama  di sela sela School of Diplomacy yang digelar HIMAHI Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Foto: Dok/ Humas Unisri

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Dekan FISIP Unisri mengapresiasi kegiatan Unisri School of Diplomacy yang Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Kegiatan dengan tiga rangkaian acara meliputi Seminar Nasional, Unisri Diplomatic Course (UDC) dan Table Manner dengan tema “The Future of Human Security in Southeast Asia” selama dua hari.

Dekan FISIP Unisri  Drs. Buddy Riyanto, M. S, mengapresiasi kegiatan yang mengambik tema yang sangat apik, penting, dan selaras dengan kehidupan yang penuh konflik.

Seperti diketahui isu kemanusian menjadi suatu keprihatian bagi kita. Meskipun Indonesia belum menjadi negara yang kuat baik secara ekonomi atau militer, tetapi  kekuatan diplomasinya telah meningkat. Walaupun banyak sistem yang membuat blok kekuatan, tapi Indonesia berusaha tetap mempertahankan visinya.

“Dengan kasus rohingnya pun Indonesia juga ikut andil dalam membantu dan menolong masyarakat Rohingya.Kami berharap dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya  dapat memberikan wawasan dan pengatahuan bagi seluruh mahasiswa sehingga bisa menjadi bekal ilmu bagi,” jelasnya.

Pada kesempatan sebelumnya Ketua Pelaksana Kegiatan Sada Rhema El Shaddai menjelaskan, kegiatan yang digelar bertujuan memberikan ilmu pengetahuan mengenai human security, melatih soft skills (diplomasi, negosiasi, public speaking), dan melatih tata cara makan secara formal dengan standar internasional.

Kegiatan dilaksanakan secara  daring melalui zoom meeting dan luring, dan berlangsung selama dua  hari serta diikuti  mahasiswa semester tiga.

Bagus Adji