blank
Puing rumah warga Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Rumah milik Slamet (43), warga Tanjunganom RT 03 RW 07 Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah ludes dilalap si jago merah Minggu, (9/01/2022).

Akibat peristiwa tersebut, pemilik rumah mengaku mengalami kerugian kurang lebih Rp 5 juta. Kerugian diderita berasal dari bangunan rumah yang rusak dan perabot rumah tangga yang terbakar.

Ketua Relawan Penanggulangan Bencana (RPB SAR) Kaliwiro, Habib mengaku bersama personil
Polsek, Koramil, BPBD, Trantib, Pemdes Tanjunganom dan warga setempat masyarakat telah berhasil memadamkan api.

“Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Hanya kerusakan di ruang dapur yang ludes terbakar. Kebutuhan mendesak saat ini antara lain, kayu usuk, glogor, dan peralatan dapur,” kata Habib.

Kronologi Kejadian

blank
Api berhasil dipadamkan setelah tim SAR dan warga setempat menyemprotkan air. Foto : SB/dok

Kronologis peristiwa naas itu, ungkap Habib, berawal dari pemilik nrumah yang memasak air menggunakan tungku. Namun di atasnya terdapat pengering berbahan kayu sehingga memicu percikan api dan langsung membakar.

Melihat kobaran api di rumah Slamet, Mangku yang merupakan tetangga korban segera melapor kepada pihak yang berwenang untuk segera dilakukan pertolongan.

Menindaklanjuti musibah kebakaran tersebut, Habib beserta relawan akan melaksanakan kerja bakti lanjutan pada hari ini Senin, (10/01/2022).

“Ini duka kita bersama, diharapkan dengan diadakannya kerja bakti tersebut mampu meringankan beban keluarga. Sehingga semua dapat diatasi bersama-sama dengan baik,” tandasnya.

Muharno Zarka