blank
Warga sekitar Bendungan Randugunting berdatangan ke Pos Sriwing untuk melihat Bendungan. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Bendungan Randugunting yang berada di BKPH Kalinanas RPH Kedungbacin, Perhutani KPH Mantingan Pos baru saj diresmikan Presiden Jokowi. Bendungan ini bakal menjadi tujuan wisata baru di daerah Blora.

Hari ini, Sabtu 8 Januari 2022, Bendungan Randugunting itu banyak didatangi oleh pengunjung baik orang umum maupaun pelajar,  yang ingin melihat bendungan tersebut dari Pos Sriwing.

Sejumlah anggota Pramuka Saka Bhayangkara dari Kwarran Randublatung mendatangi Pos Sriwing untuk melihat Bendungan Randugunting. Karena Pos Sriwing dibuat bertingkat sehingga bila naik dari pos yang paling atas akan kelihatan indah bila memandang ke arah Bendungan Randugunting itu.

Asper Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kalinanas Endang Priyono mengatakan setelah diresmikan Presiden Joko Widodo Pos kami di Pos Sriwing petak 40 ini menjadi ramai oleh para pengunjung yang ingin melihat keindahan Bendungan Randugunting.

“Namun karena belum dibuka mereka hanya dapat melihat dari Pos dari atas tanah di petak 40 yang berdekatan dengan bendungan,” tutur Endang P.

Pihaknya juga berpikir untuk membuat wisata gardu pandang di petak 40, karena kalau dilihat dari atas petak bendungan kelihatan bagus dan indah dipandang mata.

“Dengan pembuatan gardu pandang kita bisa membuka wisata rintisan untuk BKPH Kalinanas, di Kecamatan Japah inu. mengingat keindahan bendungan di sore hari juga semakin indah dan memukau,“ ungkap Asper BKPH Kalinanas Endang Priyono.

Seorang pengunjung warga Kecamatan Japah, Dibyo bersama Weni anaknya mengatakan ingin sekali melihat keindahan bendungan Randugunting dari dekat. Namun dia belum bisa masuk.

blank
Pengunjung memandang bendungan dari jauh, karena memang tidak diizinkan masuk ke lokasi. Foto: Ist

Baca juga Sejumlah Pedagang Mengadu ke DPRD Kota Semarang, Tak Puas Atas Penataan Pasar Johar

“Saya belum bisa masuk,  belum diperbolehkan. Tetapi saya cukup puas bisa melihat bendungan Randugunting dari  Pos Perhutani ini,” ujar Dibyo.

Dia berharap, Perhutani Pos Sriwing, lanjut Weni, bisa  membuat wisata jembatan layang atau gardu pandang untuk melihat Bendungan. “Sekaligus bisa selfi, kan juga bisa jadi wisata baru di hutan Kalinanas,” tandas Weni,

Menurutnya, hal itu bisa menambah juga perekonomian petugas di Pos Sriwing. “Sambil jaga Pos sambil mengelola wisata gardu pandang. Seperti di wisata hutan di Jawa Timur,” saran Weni Mahasiswa IAIN Semarang yang juga pecinta wisata Alam.

Kudnadi