blank
Pratama Arhan. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Terpilihnya Pratama Arhan sebagai pemain muda terbaik turnamen Piala AFF 2020, membuat bangga CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi. Pasalnya, pemain muda binaannya itu mampu membuktikan kualitasnya di level Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja mengikuti turnamen Piala AFF 2020, yang digelar di Singapura, dengan hasil sebagai runner up. Di babak final yang dilangsungkan dalam dua leg, secara keseluruhan Timnas kalah 2-6 atas Thailand.

Namun ada satu kebanggaan yang dimiliki tim asuhan Shin Tae-yong ini. Pratama Arhan yang biasa bermain di posisi bek kiri, menyabet gelar Goal NXGN Award, sebagai pemain muda terbaik.

BACA JUGA: Warga Terkonfirmasi Corona Tinggal Satu Orang

Pemain andalan PSIS berusia 20 tahun itu, mengalahkan dua rekan setimnya, Alfeandra Dewangga dan Witan Sulaeman. Dalam catatan statistiknya, Pratama Arhan mencatat 80 persen tekel sukses. Dia juga menyumbang dua gol dan dua assist dalam enam penampilan.

Melansir laman resmi AFF, Pratama Arhan mendapatkan 60,122 suara dari sistem voting. AFF dalam keterangannya, memuji Pratama Arhan sebagai pemain yang komplet, karena bisa bertahan dan menyerang sama baiknya.

”Meski baru debut di Timnas Indonesia awal tahun ini, Pratama Arhan yang relatif belum dikenal di Asia Tenggara, sukses menampilkan aksi terbaiknya sepanjang penyelenggaraan Piala AFF 2020. Pratama Arhan memberikan ancaman nyata untuk pertahanan lawan di sayap kiri,” tulis AFF dalam rilisnya.

BACA JUGA: Pintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal Macet

Atas hasil itu, Yoyok pun mengaku bersyukur, karena dua pemainnya, Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga tampil bagus. Prestasi keduanya diharapkan dia, bisa ditularkan kepada rekan-rekan setimnya di PSIS.

”Pastinya kita bangga, Pratama Arhan jadi pemain muda terbaik Piala AFF. Dia layak mendapatkan itu bila melihat performanya selama turnamen. Arho tampil konsisten dan mampu menunjukkan kontribusi besar bagi Timnas. Penghargaan itu kami harapkan menjadi pelecut semangat Arho untuk terus berkembang,” harap Yoyok dalam keterangannya di Semarang, belum lama ini.

Riyan