Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA, berfoto bersama dengan para pembicara dan wakil rektor, usai acara The 5th International Seminar and Conference on Global Issues (ISCoGI-5), di Hall Theater Fakultas Kedokteran Unwahas. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Presiden RI, Prof Dr KH Ma’ruf Amin, mengapresiasi dan mendukung berbagai aktivitas yang telah dilakukan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, dalam berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Salah satu tujuan dari kerja samanya itu yakni, terwujudnya Unwahas sebagai World Class University. Dimana tantangan global menuntut pendidikan tinggi untuk lebih kompatibel dan adaptif, terhadap perkembangan zaman.

Hal itu seperti yang disampaikan Wapres sebagai Keynote Speech, di acara The 5th International Seminar and Conference on Global Issues 5 (ISCoGI-5), yang diselenggarakan Unwahas belum lama ini, di Hall Theater Fakultas Kedokteran, Nongkosawit, Gunungpati, Semarang.

BACA JUGA: Sukarelawan PMI Baksos ke Panti ODGJ Mbah Marsiyo

Ketua Yayasan Wahid Hasyim, Prof Dr Noor Achmad MA, yang juga selaku Ketua Baznas RI, mendukung terlaksananya Memorandun of Understanding (MoU), dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi hingga tahap implementasi. Seperti riset dan pengembangan, pertukaran dosen dan mahasiswa hingga studi lanjut S2-S3 antarperguruan tinggi di masing-masing negara.

Sementara itu, Ketua Panitia ISCoGI-5, Dr Ali Martin MSi menjelaskan, kegiatan ISCoGI-5 ini sebagai tindak lanjut dari MoU Unwahas dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.

Kegiatan bertajuk University President Forum ini, mengambil tema ‘Building Good University Governance Towards A World Class University’, dengan menghadirkan pembicara Presiden University atau Rektor Universitas dari berbagai negara.

BACA JUGA: Kegiatan Pramuka Harus Dilakukan dengan Cara Menyenangkan

Selain Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA, juga ada Prof Najma Akhtar (Rector of Jamia Milia Islamia University India), Prof Dilshodjon Rakhmonof (Vice Rector for International Cooperation of Tashkent State University of Economics/TSUE Uzbekistan).

Hadir pula Dr Sukarno D Tanggol DPA (Rector of Mindanao State University-Iligan Institute of Technology/MSU-IIT Filipina) dan Dr Anis Malik Thoha (Universitas Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam).

Sebagai moderator Dr Nanang Nurcholis MA dari Unwahas. Kegiatan ini diikuti peserta secara online atau daring, maupun luring yang hadir di Hall Theater Fakultas Kedokteran Unwahas.

BACA JUGA: Unissula Semarang Selenggarakan MONEV untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Dalam kesempatan itu, Rektor Unwahas Prof Dr Mudzakir Ali MA mengatakan, keunggulan dan ketersediaan Unwahas yakni, untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa asing.

”Unwahas sudah menerima puluhan mahasiswa asing dari Afghanistan, Irak, Cina, Thailand, Filipina, Timor Leste dan lain sebagainya. Di tahun-tahun mendatang, kerja sama dan kolaborasi antarperguruan tinggi luar negeri lainnya harus diintensifkan dengan cara riset bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa serta studi lanjut S2-S3 di perguruan tinggi luar negeri lainnya,” terang Mudzakir.

Riyan