blank
Ganjar dan Kanasugi Kenji saling memberi hormat, usai pertemuan keduanya di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (21/12/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya ingin menjalin kerja sama berbagai bidang dengan Jepang. Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (21/12/2021).

”Duta Besar Jepang ini telah berkunjung ke banyak tempat yang ada di Jateng. Sudah sejak kemarin dia disini. Ada beberapa hal yang ingin dibicarakan, terutama kerja sama dua negara,” ujar Ganjar usai pertemuan.

Menurutnya, Jepang sudah banyak berinvestasi di Indonesia. Untuk itu perlu adanya peningkatan kerja sama, terutama dengan Jateng.

BACA JUGA: Pastikan Keamanan Gereja di Jepara Melalui Sterilisasi

”Sudah banyak investasi dari Jepang yang masuk. Dan kita akan tingkatkan kerja sama itu. Dia tadi juga menyampaikan, Jepang ingin banyak berinvestasi di Jateng. Dan saya diminta untuk membantu menjelaskan apa yang menjadi potensinya, agar Pemerintah Jepang mau berinvestasi ke Jateng,” lanjutnya.

Jalinan kerja sama itu menurut Ganjar sangat penting. Bukan hanya di bidang industri, melainkan juga di bidang pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia.

”Presiden Jokowi juga ingin mengembangkan transportasi berbasis listrik, dan Jepang punya pengalaman yang cukup bagus tentang hal itu. Saya kira ini menjadi kesempatan kita untuk menjalin sebuah kerja sama. Tidak hanya untuk industrinya saja, tapi kita tawarkan untuk persiapan sumberdaya manusianya, dan bisa belajar soal pendidikannya,” paparnya.

BACA JUGA: Kapolres Wonogiri Terima Penghargaan dari Kapolda Jateng

Ganjar menambahkan, yang tak kalah pentingnya adalah, melakukan pendekatan dengan Jepang melalui kebudayaan. Sebab, Jepang dikenal sebagai negara yang sampai saat ini aktif melestarikan kebudayaannya.

”Yang kedua, tentu saja pendekatan yang bisa kita lakukan melalui kebudayaan. Karena Jepang punya budaya yang cukup tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji menuturkan, ada sebanyak 21 perusahaan dan 300 warga Jepang yang ada di Jateng. Mereka berkontribusi besar dalam menumbuhkan ekonomi di provinsi ini.

”Saya juga sudah berbicara dengan Gubernur, untuk menjalin kerja sama di bidang keamanan, pendidikkan dan kebudayaan,” tandasnya.

Riyan