Seorang pelajar di Ambal,,Kebumen, yang panik saat menerima vaksin ditenangkan oleh petugas TNI setempat.(Foto:SB/Is)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Puskesmas Ambal 1 Kabupaten Kebumen Jumat (12/11) melaksanakan vaksinasi pada anak usia 12-18 tahun.

Seorang pelajar panik dan menangis saat jarum suntik perawat masuk ke lengan seorang siswa berseragam Pramuka. Anggota TNI Koramil setempat pun dengan sigap dan sabar menenangkan anak tersebut.

Secara umum Kegiatan vaksinasi massal bagi pelajar yang dilaksanakan di GOR SMP N 1 Ambal itu berlangsung lancar. Anak yang disasar adalah siswa-siswa tingkat SD dan SMP/MTs di wilayah kerja Puskesmas Ambal 1.

Para pelajar SMP di Kecamatan Ambal, Kebumen, antre mengikuti vaksin tahap pertama.(Foto:SB/Ist)

Diantaranya siswa dari SMP N 1 Ambal, SMP PGRI, dan MTs GUPPI, serta beberapa SD yang memiliki siswa di atas 12 tahun. Vaksin yang dipakai jenis vaksin Pfizer dengan target 1.300 anak.

Menurut penjelasan Korlap Vakisnasi dari Puskesmas Ambal 1 Danang AMKes, vaksinasi pertama ini dilaksanaksn oleh Puskesmas Ambal 1 sesuai dengan jadwal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Tujuannya untuk meningkatkan imunitas anak-anak dalam menyongsong masa depan yang lebih sehat.

Di sela-sela kegiatan Kepala  SMP N 1 Ambal Dra Murilah SPd mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi untuk anak didiknya. Dengan vaksin pertama yang diterima para siswanya dirinya optimistis kesehatan anak kian kuat.

Hal ini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang lebih intens. Apalagi dengan vaksin risiko terpapar Covid-19 semakin kecil.”Semoga vaksin kedua mendatang juga akan bisa dilaksanakan lagi,”ujar Murilah.

Sementara itu dari 758 peserta didik di SMP N1 Ambal yang tidak dapat vaksin di bawah 20 anak. Hal ini dikarenakan kondisi fisiknya sedang tidak sehat. Secara umum peserta vaksinasi dari sekolah-sekolah lain juga antusias menerima vaksin tersebut.

Komper Wardopo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here