Warga, BPBD,TNI dan Polri kompak menyingkirkan timbuan baru di bukit Selaranda pada ruas jalan Kebumen-Karangsambung.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Tebing Selaranda Desa Langse, Kecamatan Karangsambung, Kebumen,  yang semula longsor dansempat menutup bahu jalan kini bisa kembali dilalui para pengguna jalan.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menjelaskan, pembersihan material longsor langsung dilakukan sesaat kejadian longsor.

“Kejadian longsor kurang lebih pukul 18.30 WIB. Saat ini material longsor sudah dibersihkan dan bisa kembali dilalui kendaraan,” jelas Iptu Tugiman, Senin (13/9).

Pembersihan material longsor melibatkan petugas Kecamatan Karangsambung, Polsek Karangsambung, Koramil Karangsambung, petugas PLN, BPBD Kebumen, Perhutani dan masyarakat.

Lokasi batu longsor akses jalur utama penghubung Kecamatan Karangsambung dan Kecamatan Sadang jika akan menuju ke Kebumen.

Dengan kembali bisa dilaluinya jalur tersebut membuat warga Kecamatan Karangsambung dan Sadang sedikit lega sehingga bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Bukit Selaranda atau Waturanda itu merupakan bukit batu alam yang dilalui ruas jalan Kebumen-Karangsambing di Kebumen utara. Di abwah bukit batu itu mengalir Sungai Luk Ulo. Panoramanya indah namun kontur tanah bebatuannnya  rawan longsor terutama saat musim  hujan.

Pada saat cuara cerah sering pecinta gowes berhenti di situ untuk menikmati keindahan batuan sembari istirahat. Demikian pula anak muda suka berfoto di bawah bukit dan di tepi jalan yang di sampingnya mengalir Sungai Luk Ulo.

Komper Wardopo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here