blank
Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo menandatangani nota kesepakatan kerjasama dua belah pihak di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam acara yang berlangsung secara daring, Selasa (7/9). Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Nota kesepahaman kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat selama dua tahun ini ditandatangani Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo secara daring, Selasa 7 september 2021.

Rektor UNS, Prof. Dr Jamal Wiwoho dalam sambutannya mengajak seluruh program studi (Prodi) untuk turut berpartisipasi dalam kerja sama yang berlangsung. Semisal  menghadirkan tenaga profesional dari Trans Jakarta dalam kuliah tamu dan sebagainya.

Jamal mengatakan, dengan konsep tentang pengembangan MBKM, kampus tidak henti-hentinya menjalin kerja sama dengan dunia industri.

Dia berharap PT Transportasi Jakarta bisa mengimplementasikan kerja sama ini dengan kolaborasi terkait riset survei terhadap evaluasi layanan dan kepuasan pelanggan.

“Mari semua Prodi dan fakultas apabila membutuhkan narasumber untuk kuliah umum dan sebagainya, bisa dimanfaatkan melalui kerja sama ini,” ungkap Prof. Dr Jamal Wiwoho.

Sementara itu Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama dalam membantu pengembangan layanan Trans Jakarta ini.

“Kebanggaan tersendiri karena telah berkolaborasi dengan UNS. Harapannya melalui kerja sama ini dapat menciptakan layanan transportasi yang terintegrasi. Apa yang sudah diwujudkan di Jakarta bisa diimplementasikan di kota lain, khususnya Solo dan Yogyakarta. Semoga ke depan dapat menjadi layanan transportasi yang lebih baik lagi,” kata  Sardjono Jhony Tjitrokusumo.

Secara terpisah dari Humas UNS diperoleh keterangan,  kerja sama selama dua tahun mencakup tiga pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam bidang pendidikan meliputi magang mahasiswa melalui penerapan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan kuliah umum. Pada bidang penelitian berupa riset survei dan penelitian atau kajian.

Kemudian, pengabdian masyarakat berupa pemberian bantuan konsultasi, analisis, dan pemecahan masalah.

Bagus Adji