Produk kongbap. Foto: ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Makan makanan yang mengandung karbohidrat bisa mempengaruhi kadar gula dalam darah. Salah satu sumber karbohidrat adalah nasi. Ada juga anggapan di masyarakat jika belum makan nasi berarti belum makan, meskipun mungkin sudah makan makanan berkarbohidrat lainnya seperti roti, kentang atau mie.

Penderita diabetes kerap diminta untuk mengurangi nasi putih atau mengganti dengan nasi lainnya, karena nasi putih memiliki indeks glikemik (IG) yang tinggi. IG menunjukkan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi glukosa atau gula darah. Nasi putih memiliki indeks glikemik di atas 80, termasuk dalam kategori indeks glikemik tinggi.

Nasi merah kerap menjadi salah satu alternatif karena memiliki indeks glikemik rendah, tetapi memiliki rasa yang tidak disukai dan bertekstur keras. Hal ini menyebabkan penderita diabetes tidak bisa menikmati nasi merah yang dihidangkan.

Baca Juga: 600 Pelajar di Semarang Lakukan Vaksinasi di Kampus Al Azhar Kalibanteng

Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena nasi putih yang biasa kita konsumsi akan baik untuk tubuh apabila dicampur dengan Kongbap.

Agatha Arina selaku Brand Marketing Kongbap menyampaikan, kongbap merupakan campuran biji-bijian, untuk dimasak bersama beras putih. Beras putih ditambah Kongbap akan menghasilkan nasi kongbap yang rendah gula dan tinggi serat, membuat nasi lebih pulen dan rasa serta teksturnya tidak berubah, sehingga cocok dikonsumsi dengan lauk dan sayur apapun.

“Kandungan biji-bijian yang terdapat pada kongbap akan membantu menurunkan indeks glikemik pada beras putih menjadi 60, yang berarti hampir setara dengan beras merah dan aman dikonsumsi penderita diabetes,” ujar Agatha di kantornya, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Pizza Marzano Sudah Hadir di Semarang, Buruan Pesen…Ada Promo Menarik

Menurutnya, hal itu adalah berdasarkan hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Y. Marsono, M.S. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (2017).

“Kongbap juga membantu program diet, karena serat yang tinggi sehingga membuat tidak cepat lapar,” ucap Agatha.

Agatha mengungkapkan bahwa kongbap memiliki 3 varian yaitu original, chiaseed quinoa, dan habbatussauda yang aman untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Baca Juga: Adu Kreasi 26 Kecamatan di Kebumen, Racik Talas Jadi Burger dan Pizza

“Dalam tiap varian ini memiliki komposisi biji-bijian yang berbeda, seperti contohnya Habbatussauda atau jintan hitam yang terdapat pada varian kongbap habbatussauda. Untuk varian ini juga cocok dinikmati dengan sajian ala Timur Tengah dengan kekhasan aroma rempahnya yang sangat menggugah selera,” jelasnya.

Penasaran cobain nasi yang tinggi serat ini? Kini kongbap telah tersedia di Superindo, Alfamidi, serta Supermarket terdekat di kota anda. Selain itu juga tersedia di Marifood Official Shop Shopee, dan Tokopedia.

Ning