blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyantgo dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih mencicipi racikan ibu-ibu PKK dari 26 kecamatan pada Lomba Cipta Menu Berbahan Talas.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)  – Sebanyak 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten.

Peserta atas nama Tim Penggerak PPK di seluruh kecamatan di Kebumen ini beradu kreasi membuat aneka ragam makanan daerah berbahan dasar talas.

Lomba berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Rabu (3/6/2021), dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Sugiyanto dan jajaran terkait.

blank
Bupati Arif Sugiyanto menyerahkan hadiah kepada ibu PKK pemenang Lomba Cipta Menu Berbahan Talas.(Foto:SB/Ist)

Beragam makanan disajikan dengan bahan dasar talas. Di antaranya burger talas, pizza talas, bubur talas, roket talas, lontong talas, bronis talas, getuk talas, tempe talas, serabi talas, pancake talas, dan juga juz talas, serta masih banyak yang lain.

Bupati Arif Sugiyanto mengapreasiasi kegiatan tersebut. Sebab lomba makanan berbahan dasar talas inisekaligus untuk memberikan pesan bahwa membuat makanan yang beragam, dengan gizi yang seimbang, tidak harus dengan bahan yang mahal. Cukup dengan bahan dari kearifan lokal.

“Potensi ini tentun bisa terus dikembangkan agar Kebumen terhindar dari stunting. Kreativitas ini juga bisa terus dikembangan karena ke depan bisa bernilai ekonomi,” jelasnya.

Bupati bersyukur warga Kebumen punya potensi luar biasa dalam hal kuliner. Nyatanya, pada 2019 lalu Kebumen mampu menjadi juara I Nasional untuk katagori lomba B2SA yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kemudian pada 2020 juara II tingkat Jawa Tengah katagori lomba yang sama.

Akhirnya Tim Pengerak  PKK Kecamatan Sruweng menjadi Juara Harapan III, Juara Harapan II diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan  Bonorowo,  Juara Harapan I diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan Sruweng.

Adapun Juara III diraih oleh Tim Penggerak  PKK Kecamatan Padureso, Juara II diraih Tim Penggerak PKK Kecamatan Ambal, dan Juara I berhasil diraih Tim Penggerak  PKK Kecamatan Adimulyo.

“Saya ucapkan kepada seluruh pemenang, terus gali dan tingkatkan potensi kalian. Untuk yang juara 1 kalian nanti yang akan mewakili Kebumen untuk maju berlomba tingkat Provinsi Jawa Tengah. Jadi jangan berhenti belajar dan teruslah berkarya,”tandas Bupati.

Dewan juri pada lomba cipta menu kali ini Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Distapang Jawa Tengah Ir Ignasius Haryanta Nugraha MSi, dari perwakilan Perkumpulan Chef Indonesia Ferry Angga, dan Dosen UNS Prof Sri Budi Wahyuningsih.

Komper Wardopo