blank
Kepala Seksi Perawatan Narapidana, Adi Nugroho bersama tim dokter Klik Pratama Lapas Semarang saat mengambil bantuan vaksin di gudang obat milik Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, didampingi pihak  Polda Jateng. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menerima bantuan 600 vial vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Kalapas Semarang sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Supriyanto mengatakan, bantuan vaksin Astrazeneca ini merupakan kerja sama dan sinergitas antara Kanwil Kemenkumham Jateng, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, Lapas Semarang telah melakukan vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tahap pertama pada tanggal 28 Juli 2021 lalu.

“Alhamdulillah berkat sinergitas antara Kemenkumham Jateng, Polda Jateng dan Pemprov Jateng, Narapidana di Lapas Semarang bisa terfasilitasi untuk divaksinasi. Kemarin kami sempat berkoordinasi dengan Pak Gubernur Ganjar Pranowo, dan beliau mendukung penuh,” ujar Supriyanto, Jumat (27/8/2021).

“Mudah-mudahan warga binaan di Lapas Semarang terselamatkan dan terjaga kesehatannya dari paparan Covid-19,” lanjutnya.

Disampaikan bahwa vaksin yang sudah diterima ini rencananya akan digunakan pada kegiatan vaksin kedua untuk WBP yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Agustus 2021 mendatang.

“Ini merupakan komitmen dari Lapas Semarang dalam memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat, guna mencegah terpaparnya Covid-19, dan membangun system kekebalan tubuh,” tuturnya.

Ning