blank
Warga bergiliran vaksin di Mapolres Magelang, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Polres Magelang melaksanakan Vaksinasi Merdeka Candi di beberapa lokasi. Hal itu guna mempercepat program vaksinasi nasional sekaligus menyukseskan program Vaksinasi Polda Jateng.

Bertempat di Puskesmas  Sawangan 2 dilaksanakan vaksinasi tahap pertama kepada keluarga anggota Polsek Sawangan dan keluarga tenaga kesehatan (nakes) puskesmas setempat sebanyak 20 orang.

Kapolsek Sawangan AKP Tugimin yang hadir bersama sejumlah anggotanya mengatakan, vaksinasi dilaksanakan pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, dengan peserta yang hadir sebanyak 22 orang. “Namun karena alasan medis, dua orang ditunda vaksinnya,” katanya di lokasi, Selasa (10/8).

Di hari yang sama Vaksinasi Merdeka Candi juga dilaksanakan di Puskesmas Muntilan 2 Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan. Dilaksanakan oleh nakes Puskesmas tersebut. Adapun sasarannya adalah warga masyarakat Kecamatan Muntilan yang terdiri dari pedagang, guru,  karyawan, dan kaum berkebutuhan khusus.

Kapolsek Muntilan AKP Ryan Eka Cahya mengatakan, dalam kegiatan itu hadir 150 orang, semuanya menjalani vaksin dosis pertama. Semua peserta divaksin. “Vaksin yang digunakan semuanya berjumlah 15 vial, habis,” jelasnya.

Dijelaskan, vaksinator dari Puskesmas setempat terdiri dari dua orang dokter, empat perawat dan tiga bidan. Operator dan administrator dari Polsek Muntilan sebanyak enam personel. Kegiatannya berlangsung mulai pukul  07.30-11.30 WIB. “Berlangsung aman, tertib dan lancar,” imbuh Kapolsek Muntilan.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba melalui Kasubbag Humas Iptu Abdul Muthohir menyampaikan, di Gerai Vaksin Mapolres Magelang terlayani 320 orang pada hari Selasa (10/8). “Semoga hingga 17 Agustus 2021 nanti program Vaksinasi Merdeka Candi dapat sukses sesuai harapan. Sehingga program nasional vaksinasi dapat memenuhi target,” harapnya.

Eko Priyono