blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pencanangan Vaksinasi Merdeka Candi, Polres Tegal Kota menyasar terhadap ratusan PKL dan petugas kebersihan pasar pagi.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengapresiasi kiprah para petugas kebersihan karena tetap semangat melaksanakan tugasnya meski ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

blank
MEMANTAU – Kapolres Tegal AKBP Rita Wulandari didampingi Waka Polres Kompol Zaenal Arifin memantau jalannya vaksinasi. (foto: nino moebi)

“Kami salurkan paket sembako kepada para petugas kebersihan dipasar pagi, tapi karena pandemi belum usai di masa pemberlakuan PPKM level 4 jadi cukup dibagikan melalui perwakilan, demi menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes),” terang AKBP Rita Wulandari disela pembagian sembako di halaman Pasar Pagi Kota Tegal, Jumat (6/8/2021).

Sebelumnya, sebanyak 270 Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Tegal menjalani vaksinasi di Mako Polres Tegal Kota.

blank
BAGIKAN SEMBAKO – Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari memberikan bantuan sembako kepada petugas kebersihan pasar pagi. (foto: nino moebi)

Usai vaksinasi para PKL mendapat bantuan beras sebanyak 5 kg per orang yang diserahkan secara simbolis oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo kepada perwakilan PKL.

“Dalam rangka menjelang HUT Kemerdekaan RI dilaksanakan kegiatan vaksinasi merdeka Candi, yang mana kita punya target dan kita sediakan sebanyak 2.700 dosis,” kata AKBP Rita Wulandari.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan sampai dengan 17 Agustus 2021. “Setiap hari kita akan lakukan pemberian vaksin di Mapolres Tegal Kota,” ujarnya.

Vaksinasi diberikan kepada berbagai kelompok masyarakat artinya, peserta bukan hanya warga masyarakat yang ber KTP Kota Tegal saja tapi, siapapun yang ada di wilayah hukum Kota Tegal akan diberikan vaksinasi.

Untuk saat ini vaksinasi diprioritaskan adalah untuk pedagang kaki lima. Yang sebelumnya sudah dilakukan vaksinasi terhadap karyawan pabrik dengan mendatangi perusahaan yang ada di Kota Tegal.

Setelah ini, menurut rencana memberikan vaksinasi terhadap ojeg online. Sudah ada 400 orang yang sudah mengantri untuk divaksin.

Vaksinasi Merdeka Candi merupakan program kolaborasi sebagai strategi pencapaian kekebalan kelompok yang dilaksanakan jajaran Polda Jawa Tengah.

“Kita buatkan target-target setiap hari supaya warga masyarakat lainnya yang sudah melaksanakan vaksin pertama di Polres Tegal Kota juga bisa melaksanakan vaksin yang kedua,” kata Kapolres.

Kapolres menuturkan, selain dengan pembatasan yang telah dilakukan Kota Tegal telah melampaui target sehingga terevaluasi Kota Tegal termasuk dalam urutan lima besar se Provinsi Jawa Tengah dalam target capaian vaksinasi.

Untuk stok vaksin Kapolres mengatakan tidak ada kendala. Kegiatan vaksinasi merdeka candi datang, kemudian vaksin reguler, yang sehari-hari juga ada.

“Kita sama-sama bersinergi dengan Dinas Kesehatan karena kebetulan jenis vaksin sama pakai sinovac,” ujarnya.

Nino Moebi