Ganjar mengatakan, kehadiran sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Pemprov Jateng dan para mitra strategis ini, bisa membantu merealisasikan target herd immunity sampai 70 persen di akhir tahun ini. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebuah kolaborasi kemanusiaan tersaji, dengan menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang. Kolaborasi itu terjalin antara Tokopedia bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Kemenkop dan UKM RI.

Selain itu, ada juga peran serta TNI dan Pemprov, Kadin, DPP/DPD IKA Undip serta Undip, untuk mendukung penanganan pandemi sekaligus pemulihan ekonomi.

Program vaksinasi ini diselenggarakan di Auditorium Undip, Rabu-Selasa (28 Juli-10 Agustus 2021) untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua digelar Rabu-Selasa (25 Agustus-7 September 2021).

BACA JUGA: Sebanyak 939 Karyawan PT Starcam Indonesia Ikuti Serbuan Vaksin TNI

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, menyampaikan, kolaborasi ini dilakukan bersama berbagai mitra strategis. Mulai dari pihak pemerintah hingga lintas sektor lainnya.

”Kami berharap dapat lebih melindungi masyarakat termasuk pelaku UMKM di Semarang, dari pandemi covid-19. Mengingat UMKM merupakan penyokong 60 persen PDB Indonesia, sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi,” kata Astri, dalam keterangannya di Semarang, Rabu (28/7/2021).

Sedangkan Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah, mengutarakan, pihaknya ingin melakukan vaksinasi untuk masyarakat lebih banyak lagi.

Salah seorang peserta vaksinasi yang mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko. Foto: dok/ist

BACA JUGA: Masih Pandemi Covid-19, HUT Kabupaten Kendal Diperingati dengan Doa Bersama

”Peserta vaksinasi terdiri dari UMKM, tenaga kerja industri, karyawan serta masyarakat umum di Jawa Tengah. Percepatan vaksinasi covid-19 bersama Tokopedia dan mitra strategis lainnya, menjadi kunci dalam menghadapi pandemi ini,” imbuh Budihardjo.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sendiri, mengapresiasi kegiatan kemanusiaan ini, yang sejurus dengan kebijakan yang dia terapkan saat ini, yakni percepatan vaksinasi.

”Kehadiran sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Pemprov Jateng dan para mitra strategis ini, bisa membantu merealisasikan target herd immunity sampai 70 persen di akhir tahun ini. Upaya itu juga untuk mempercepat program vaksinasi Nasional bagi masyarakat luas, termasuk UMKM Semarang, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Nasional,” ungkap Ganjar.

BACA JUGA: Perusahaan Patungan Semen Gresik dengan 6 PT BUMDes di Rembang dan Blora Catat Kinerja Positif

Senada dengan Ganjar, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyatakan, tindakan preventif termasuk penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi, saat ini terus menjadi fokus pemkot dalam upayanya menangani pandemi covid-19.

”Untuk itu, kami sangat mengapresiasi langkah serta dukungan berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan Hippindo yang menyediakan fasilitas layanan sentra vaksinasi guna membantu UMKM Semarang, supaya tetap produktif selama pandemi,” tukas Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Tokopedia bersama Hippindo juga telah meluncurkan program vaksinasi gratis, khusus UMKM di DKI Jakarta. Rencananya, program vaksinasi ini juga akan digelar di beberapa kota besar di Indonesia.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here