blank
Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Sabtu (10/7/2021), menggelar webinar dengan mengusung tema ‘Kiat Tetap Sehat dan Selamat Dunia Akhirat di Era PPKM Darurat Pandemi Covid-19’, mulai Pukul 09.00-12.00 WIB.

Wakil Ketua Umum MUI Jateng, Prof Dr Ahmad Rofiq MA menjelaskan, tujuan webinar salah satunya mencari solusi dalam mengatasi situasi dilematis, yang kini masih mengancam, yakni pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat.

”Komisi Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat sebagai komisi baru di MUI Jawa Tengah, ingin berperan aktif pada masa pandemi covid-19 dengan menggelar webinar bertema Kiat Tetap Sehat dan Selamat Dunia Akhirat di Era PPKM Darurat Pandemi Covid-19,” kata Prof Rofiq dalam keterangannya di Semarang, Jumat (9/7/2021).

BACA JUGA: Rui Costa Jadi Presiden Baru Benfica

Sebagai narasumber dalam webinar ini, Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo, Ketua Umum MUI KH Ahmad Darodji, Dirut RSI Sultan Agung dan Ketua Komisi Kesehatan MUI dr Masyhudi, Ketua Pelaksana Satgas Covid Jateng Prasetyo Aribowo, Ketua MUI Pusat Bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh, dan dipandu dr Bambang Sudarmanto Sp AK.

Guru Besar Hukum Islam Fakultas Syariah dan Hukum serta Pascasarjana UIN Walisongo Semarang ini berpendapat, sejak pandemi covid-19 merangsek Indonesia pada Maret 2020, saat ini sudah memasuki bulan ke-17.

Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda kapan berakhir. Angka kematian karena covid-19, per 8/7/2021 di Jateng sebanyak 17.616 dan yang terpapar serta dirawat masih 33.383.

BACA JUGA: Presiden Komisi Uni Eropa Jagokan Italia Juarai Euro 2020

Seluruh Indonesia yang meninggal 63.760 dan terpapar 2,42 juta. Sedangkan di seluruh dunia mencapai 4 juta, dan terpapar mencapai 185 juta.

Menurut Prof Rofiq, MUI Jateng sangat memahami persoalan yang dihadapi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Setiap kebijakan pemerintah, dapat dipastikan akan menimbulkan kontroversi dan tidak mungkin memuaskan semua warga.

”Selamat berwebinar, semoga mampu menghasilkan keputusan dan rekomendasi yang dapat mengayomi semuanya, kepentingan rakyat tetap sehat dan selamat dunia akhirat, dan PPKM Darurat sebagai ikhtiar menghentikan covid-19, akan nampak nyata hasilnya,” pesan Prof Ahmad Rofiq.

Riyan