blank
Ganjar menyempatkan berkunjung dan berbincang banyak hal, dengan mahasiswa perantauan yang menuntut ilmu di Kota Semarang, dan tak mudik akibat pandemi covid-19. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali menyambangi beberapa asrama mahasiswa asal luar Jawa, yang berada di Kota Semarang, Senin (5/7/2021).

Ada tiga asrama yang disambangi Ganjar saat bersepeda pagi itu, yakni asrama mahasiswa Sumatera Utara dan asrama mahasiswa Aceh di Tembalang. Serta satu asrama mahasiswa asal Kalimantan Barat, di Jalan Kendeng, Gajahmungkur.

Kedatangan Ganjar disambut gembira para mahasiswa. Selayaknya teman yang berkunjung, Ganjar pun ngobrol dan menanyakan kabar.

BACA JUGA: Bona Ventura Terpilih sebagai Plt Ketua KONI Jateng

”Sehat-sehat semua ya. Sekarang yang masih kurang apa? Kalau vitamin dan masker ada?” tanya Ganjar saat bertemu mahasiswa dari Sumatera Utara dan Aceh.

Para mahasiswa perantauan di dua asrama itu kompak memberikan jawaban yang sama, yaitu sembako. Mahasiswa yang ditemui Ganjar itu juga menanyakan vaksin untuk kalangan mahasiswa.

”Beras, pak. Vitamin dan masker juga. Sama satu lagi, vaksin. Kapan kamu bisa vaksin Pak Ganjar?” ungkap para mahasiswa yang memutuskan bertahan di perantauan selama pandemi covid-19.

BACA JUGA: Angkut Barang Dagangan Saat Razia PPKM Darurat, Kapolsek Akui Salah Prosedur

Hal yang sama juga didapati Ganjar, saat berkunjung ke asrama mahasiswa Kalimantan Barat ‘Rahadi Osman’, di Jalan Kendeng, Gajahmungkur. Para mahasiswa asal Kalimantan Barat itu juga menyampaikan kebutuhan sembako dan vitamin untuk sehari-hari.

Terkait permintaan vaksin mahasiswa, Ganjar menjelaskan, saat ini sedang menyiapkan beberapa tempat vaksinasi untuk umum. Di beberapa tempat bahkan sudah berjalan, seperti di Kota Semarang. Ganjar juga sedang menyiapkan tempat vaksinasi bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi.

”Sekarang kita sedang siapkan vaksinasi di beberapa tempat, juga bekerja sama dengan kampus. Sudah banyak kampus yang sudah melaksanakan vaksinasi, dan teman-teman bisa bergabung di tempat yang terdekat, di kepolisian juga bisa,” terang dia.

BACA JUGA: Polda Tangkap IRT yang Diduga Pengedar Sabu-sabu

Ganjar menambahkan, dalam pekan ini akan datang lagi vaksin dari pemerintah pusat. Apabila vaksin itu sudah datang, dia berharap kawan-kawan mahasiswa bisa langsung mendaftar.

”Di Kota Semarang sudah ada, ikuti saja Instagram-nya Pak Wali Kota. Mungkin juga ada share dari kampus, nanti kampus juga akan memberikan pengumuman itu. Jadi kalau sudah datang, siap saja divaksin semua,” jelas Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mengapresiasi para mahasiswa yang bertahan di asrama atau kos dan mengurangi mobilitas. Dia berpesan, agar mahasiswa tetap menjaga protokol kesehatan, karena saat ini kondisi pandemi covid-19 yang masih memprihatinkan.

”Saya terima kasih kawan-kawan mahasiswa tetap jaga kesehatan dan tidak banyak mobilitas. Titip saja, kawan mahasiswa menjaga prokes semua karena situasi lagi darurat,” pesan Ganjar pada mahasiswa.

Riyan