blank
Kepala PT Tirta Investama M Sunarno menyerahkan APD vaksinasi Covid-19 pada Bupati Wonosobo Afif Nurhudayat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Danone Indonesia melalui PT Tirta Investama Wonosobo menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang berperan dalam pemberian vaksin Covid-19 pada masyarakat.

Secara simbolis bantuan APD tesebut diserahkan oleh Kepala PT Tirta Investama M Sunarno kepada Bupati Afif Nurhidayat didampingi Wakil Bupati Wonosobo M Albar di Pendopo Bupati setempat, Selasa (8/6).

Selanjutnya, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat disaksikan Kepala DKK dr Muhammad Riyatno MKes langsung menyerahkan APD tersebut kepada perwakilan Puskesmas Wonosobo 1, Puskesmas Wonosobo 2 dan Puskesmas Mojotengah.

Sejumlah 24 Fasilitas Kesehatan/Puskesmas di Wonosobo yang ditunjuk menjadi tempat vaksinasi juga akan menerima distribusi APD yang sama yang akan mulai diserahkan sejak hari ini.

Afif Nurhidayat menyatakan sebagai upaya untuk melakukan penanggulangan penyebaran dan penularan penyakit Covid -19 pemerintah berupaya secepat mungkin untuk memastikan masyarakat mendapatkan program vaksinasi Covid-19.

“Pelaksanaan program vaksinasi Covid 19 dimulai pada 13 Januari 2021 lalu dengan vaksinasi pertama dilakukan pada Presiden Joko Widodo serta sejumlah perwakilan dari berbagai latar belakang seperti tenaga kesehatan, pemuka agama, guru dan lainnya,” kata dia.

Program ini terlaksana, sambung Afif, setelah BPOM Indonesia mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin dan dikeluarkannya fatwa halal oleh MUI pada tanggal 11 Januari 2021.

Kepedulian Sosial

blank
Perwakilan PT Tirta Investama foto bersama dengan Bupati Wonosobo Afif Nurhudayat. Foto : SB/Muharno Zarka

“Meskipun program vaksinasi sudah berjalan. Namun protokol kesehatan (prokes) Covid-19 masih tetap harus dilakukan. Karena berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan per-tanggal 5 Maret 2021, sebanyak 12,9 juta orang sudah mendapat dosis vaksin pertama,” jelasnya.

Menurut Afif, sebanyak 8,2 juta orang juga sudah mendapatkan dosis vaksin kedua sehingga total sudah 21 juta dosis vaksin Covid-19 yang telah diberikan. Vaksinasi virus Corona masih akan terus diberikan sampai pandemi global Covid-19 berakhir.

Bupati Wonosobo juga mengapresiasi bantuan yang diterima dari Danone Indonesia. Peran semua pihak menjadi penting untuk penanggulangan pandemi global Covid-19, khususnya saat pelaksanaan vaksinasi seperti saat ini.

“Kesadaran masyarakat, pemerintah, swasta dan peran aktif semua pihak untuk bergotong royong akan mempercepat pandemi global Covid-19 segera berlalu” ujar Afif yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Wonosobo itu.

Kepala PT Tirta Investama M Sunarno mengatakan APD akan didistribusikan secara bertahap. Pertama kepada 3 Puskesmas yakni Puskesmas Wonosobo 1, Puskesmas Wonosobo 2 dan Puskesmas Mojotengah. Lalu sejumlah 24 paket APD juga akan didistribusikan ke lokasi lainnya.

“Jumlah APD yang didistribusikan adalah 48 pcs gown medis, 432 box masker, 48 botol handsanitizer dan 24 box sarung tangan medis.
Hal tersebut adalah komitmen perusahaan terhadap penanganan pandemi global Covid-19 yang saat ini masih melanda,” ujarnya.

Dikatakan M Sunarno, prokes Covid-19 secara ketat juga diterapkan pada operasional perusahaan. Pihaknya juga merespon dan berusaha berperan aktif dalam penanganan wabah virus Corona di luar perusahaan.

“Ini tentu sesuai dengan visi Danone One Planet One Health, di mana kesehatan bumi dan masyarakatnya saling berkaitan. Karena itu, PT Tirta Investama menyerahkan bantuan APD pada Nakes sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan,” pungkasnya.

Muharno Zarka