blank
Gubernur Jateng saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Demak, yang dilakukan secara terbatas di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (24/5/21). Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Demak terpilih dalam Pilkada Serentak Tahun 2020, Eistianah dan Ali Makhsunhari, dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Gubernur, Semarang, Senin (24/5/21).

Acara itu bersamaan dengan pelantikan pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sragen.

Sesuai surat dari Mendagri nomor 131/966/OTDA, telah diatur mekanisme pelantika di tengah pandemi covid-19 dengan cara daring. Dan pelantikan juga dilakukan dengan hybrid di Kantor Gubernur Jateng, yang hanya dihadiri paslon terpilih dan istri/suami masing masing. Sedangkan pejabat dan tamu lainya dapat mengikuti dengan virtual di wilayah masing masing.

BACA JUGA: Pemkab Kudus Tutup Balai Jagong, PKL Dilarang Jualan

Seusai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan oleh Gubernur Jateng, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Demak, yakni Khodijah Ali Makhsun dan Kabupaten Sragen Sutami Suroto, oleh Ketua TP PKK Provinsi Jateng Atikoh Ganjar Pranowo.

Dalam sambutanya, gubernur menyampaikan apresiasinya kepada kedua pasangan yang telah dilantik.

”Selamat Bu Eisti dan Pak Kyai, semoga dapat melaksanakan amanah. Pada pelantikan hari ini ada yang istimewa, yakni kedua bupati yang dilantik adalah perempuan, dan keduanya bergelar Dokter,” kata Ganjar.

BACA JUGA: Danrem 072/Pamungkas Periksa Kesiapan Serbuan Teritorial di Wilayah Kodim 0705/Magelang

Terkait dengan penanganan covid-19, gubernur meminta semua pihak ikut berintegrasi dalam penanganannya. Mengingat saat ini varian virus baru dari India, sudah masuk di Cilacap.

”Kami harapkan, pelaksanaan protokol kesehatan ini terus diperketat baik 5M maupun 3T. Serta seluruh rumah sakit harus On lagi, dengan menyiapkan ruang-ruang khusus untuk isolasi,” imbuh dia.

Ditambahkan Ganjar, dalam memberikan pelayanan publik, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yaitu ikuti perkembangan zaman dengan menggunakan media digital, dan jaga integritas.

”Layani masyarakat dengan profesional, transparan dan akuntabel. Saya juga titip untuk Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik, layani masyarakat dengan baik,” tandas gubernur.

Rudy-Riyan