blank
Hoax pesan whatsapp yang mengatasnamakan Bupati Kudus. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Aksi hoax dengan mencatut nama Bupati Kudus HM Hartopo terjadi di Kudus. Pelaku dengan menggunakan pesan whatsapp mengaku sebagai Bupati untuk meminta bantuan donasi.

Dalam pesan tersebut, pelaku awalnya akan memperkenalkan diri sebagai Bupati Kudus HM Hartopo. Selanjutnya, pelaku menyampaikan maksud untuk menggalang donasi berupa uang ke berbagai yayasan dan pondok pesantren.

“Baik pak saya bapak dr Hartopo selaku bupati kudus, saya di bulan suci ini menggalang donasi berupa uang ke berbagai yayasan dan pondok pesantren,”tulis dalam pesan tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus Kolid Seif dalam keterangannya menegaskan kalau pesan whatsapp yang mengatasnamakan bupati tersebut adalah hoax. Pihaknya meminta masyarakat tidak percaya jika menerima pesan semacam itu.

“Itu hoax dan beliau bapak bupati tidak pernah menggalang donasi untuk yayasan dan pesantren,”ujarnya.

Kolid menambahkan, nomor whatsapp yang digunakan untuk mengirim pesan tersebut juga bukan nomor pribadi dari Bupati Kudus. Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat untuk mengabaikan jika menerima pesan tersebut.

“Kalau dapat pesan tersebut, abaikan saja. Jelas itu bukan dari pak Bupati,”tandasnya.

Sejauh ini, kata Kolid, pihaknya belum menerima informasi apakah ada korban atas modus penipuan yang mengatasnamakan bupati tersebut. Namun demikian, Dinas Kominfo sudah membuat imbauan ke masyarakat melalui media sosial untuk tidak percaya atas modus tersebut.

Namun demikian, Pemkab Kudus sudah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

Tm-Ab