blank
Seorang calon penumpang memeriksa COVID-19 menggunakan GeNose C19 di Terminal Induk Jati, Kudus. foto:Ant/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Terminal Induk Jati Kudus, Jawa Tengah, menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19 secara gratis bagi penumpang dari luar kota maupun penumpang yang naik bus dari terminal setempat.

“Kami sudah memiliki peralatannya sehingga mulai saat ini bisa melayani pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus Indarto, Selasa (27/4).

Ia mengakui pelayanan tersebut dibatasi setiap hari hanya 10 orang, baik penumpang yang datang maupun pergi sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Kalaupun ada penumpang yang hasilnya positif, maka akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus untuk ditindaklanjuti.

Supriyanto, salah seorang penumpang bus malam jurusan Kudus-Jakarta mengakui senang ada pelayanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose sehingga ketika ada pemeriksaan sudah aman.

Rencananya, kata dia, dirinya hendak berangkat ke Tangerang setelah menjenguk orang tuanya di Kabupaten Kudus.

Beberapa waktu lalu, di Terminal Induk Jati Kudus juga digelar tes cepat antigen terhadap para penumpang yang turun di terminal. Hasilnya tidak ditemukan adanya yang positif Covid-19.

Rapid test antigen di Terminal Induk Jati tersebut digelar secara acak terhadap penumpang dari luar kota yang turun di terminal setempat.

Ant-Tm