blank
Truk tronton yang diduga mengalami rem blong di jalur maut Kertek, Wonosobo, terhenti di jalur penyelamat. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Sebuah truk tronton bernomor polisi DA-9117-CC yang dikemudikan Agus Arif (43), warga Malang Jawa Timur, diduga mengalami rem blong di jalur maut Gondang Candimulyo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Rabu (31/3/2021), sekitar pukul 14.30 WIB.

Akibat kejadian itu, salah satu pengendara sepeda motor, Isnaeni (47), warga Dalangan Purwojati, Kertek, Wonosobo, meninggal dunia karena tertabrak truk tronton yang mengalami rem blong.

Sedang mobil Nissan Grand Livina yang dikemudikan Miftahudin (44), warga Mendolo Bumireso, sampai terjungkal dan terjun ke jurang sedalam kurang lebih lima meter, akibat terdorong truk tronton itu.

BACA JUGA: DPC Partai Demokrat Wonosobo Ajukan Surat Perlindungan Hukum ke Kapolres

blank
Mobil Nissan Grand Livina saat masih ada di jurang, kini sudah berhasil dievakuasi. Foto: Muharno Zarka

Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, melalui Kasatlantas AKP Harman R Sitorus SIK mengatakan, sebelum menabrak sepeda motor, truk tronton juga telah membentur truk box yang ada di depannya.

”Meski telah menubruk truk box Nopol L-9110-BS yang dikemudikan Khoirul Anam (40) warga Bojonegoro, truk tronton terus melaju di jalur menurun, dan membentur Nissan Grand Livina Nopol AA-8622-UF, hingga terjun ke jurang,” ungkapnya.

Setelah membentur truk box, menurut Kasatlantas, truk tronton tetap tak bisa dikendalikan, dan terus meluncur hingga sejauh satu kilometer. Truk tronton juga mengalami pecah ban lalu oleng dan menabrak Nissan Grand Livina serta sepeda motor Yamaha Mio yang dikemudikan korban.

BACA JUGA: Bupati Wonosobo Minta OPD Tindaklanjuti Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

”Korban yang meninggal dunia mengalami luka patah kaki kanan dan kiri. Meski sempat dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Kertek guna mendapatkan perawatan medis, namun nyawa korban tidak tertolong dan meninggal dunia di rumah sakit,” jelasnya.

Sedang mobil Nissan Grand Livina yang berada di dasar jurang, sempat lama tak mendapat pertolongan, karena medannya yang sulit dijangkau. Di dalam mobil naas itu juga terdapat penumpang Dewi Natalia P (37) warga Mendolo, Bumireso, Wonosobo.

Dari informasi yang didapat, Truk tronton yang diduga mengalami rem blong kemudian menerjang dua mobil dan satu sepeda motor itu, baru bisa berhenti di jalur penyelamat.

Muharno Zarka-Riyan