blank
Anggota Satlantas Polres Blora menunjukkan rekaman pelanggaran. Foto: Ist

BLORA (SUARA BARU.ID – Pengguna jalan raya di wilayah Blora harus hati – hati dan wajib mematuhi peraturan lalu lintas. Satlantas Blora mulai menerapkan E-tilang bagi pelanggar lalu lintas. Pada hari pertama pelaksanaan E-tilang, Sabtu ((27/03/2021) tercatat empat pelanggar dan kena tindakan tilang.

Kasatlantas Polres Blora, AKP Edi Sukamto,SH,MH  menjelaskan penindakan tilang terhadap pelanggar tersebut, dilakukan setelah mereka terekam oleh kamera pengawas, pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

“Kita lihat, termonitor di CCTV pelanggaran kasat mata, kelihatan tidak memakai helm bisa langsung ter-capture di situ, kemudian menyerobot lampu merah juga terlihat di situ,” kata AKP Edi kepada wartawan.

Empat Pelanggar Lalin

Dijelaskan AKP Edi, hasil pemantauan CCTV yang telah  berlangsung kemarin, sebanyak 4 pelanggar lalu lintas dikenakan penindakan.

“Kita hari ini melakukan penindakan berupa mengirim surat konfirmasi kepada pelanggar. Surat yang kita kirimkan rencana hari ini ada 4,” Kasatlantas Blora.

Menurut AKP Edi, surat konfirmasi tersebut akan dikirim oleh petugas Kantor Pos langsung ke rumah pelanggar lalu lintas.

“Surat itu kita buat, kita kirim via kantor pos untuk dikirim ke pelanggar untuk dilakukan konfirmasi. Jadi bukan anggota yang mendatangi, tapi petugas Kantor Pos langsung,” ungkap AKP Edi.

Pasang Kamera CCTV

Lebih lanjut, AKP Edi menjelaskan dalam penerapan E-tilang ini, pihaknya telah memasang kamera pengawas di sejumlah titik. Baik di traffick light maupun jalur – jalur utama terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Saat ini satu titik yang sudah aktif, Namun sudah ada 4 titik kamera pemantau. Jadi hari ini kita perbanyak jadi 3 titik tambahan yakni di Biandono dan depan Polres. Kamera pemantau di tiga tempat, Tugu Pancasila, Jalur perbatasan Blora-Purwodadi dan perempatan Grojogan,” jelas AKP Edi.

Kasatlantas pun berharap dengan adanya penerapan E-tilang ini kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas semakin meningkat.

“Harapan Polres Blora  kepada masyarakat, semoga lebih tertib lagi dalam berlalu lintas. Mereka lebih sadar saat ini diawasi kamera pengawas,” pungkasnya.

Kudnadi