blank
Anggota DPRD Kudus saat mengikuti Musrenbang RKPD Tahun 2022 secara virtual. foto:Suarabaru.id

blankKUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kudus Masan berharap semua pihak bersinergi dalam membantu memulihkan kondisi perekonomian Kabupaten Kudus yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, peran seluruh stakeholder serta kerja sama yang kuat akan mampu kembali memajukan Kudus kembali.

Hal tersebut ditegaskan Masan menyikapi Musrenbang Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kudus 2022. Menurut Masan, Pemerintah Kabupaten Kudus kini harus kembali menata arah kebijakan pembangunan secara lebih baik.

“Pemerintah daerah harus bisa memilah prioritas pembangunan yang akan dilakukan agar kondisi perekomian daerah bisa kembali terangkat. Dan itu perlu peran semua pihak,”kata Masan, Jumat (26/3).

Masan menambahkan, dalam Musrenbang tersebut, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah provinsi perbaikan infrastruktur vital yang ada di Kabupaten Kudus. Salah satunya adalah penanganan ruas jalan Kudus-Purwodadi yang beberapa waktu lalu sempat terputus akibat banjir.

Baca Juga: Ketua DPRD Kudus Tegas Tolak Impor Beras

Menurut Masan, persoalan tersebut harus mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi karena ruas jalan tersebut bukan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten.

“Harus ada penanganan dari Provinsi. Ruas jalan tersebut merupakan akses satu-satunya masyarakat di wilayah Kecamatan Undaan untuk ke kota. Sementara, Pemkab tidak bisa melakukan penangananan karena kewenangan berada di Provinsi,”tandasnya.

Selain itu, Masan juga menyoroti anjloknya harga gabah petani di panen raya saat ini. Menurutnya, Pemerintah harus segera melakukan langkah-langkah strategis untuk membantu petani keluar dari permasalahan tersebut.

blank
DPRD mendesak agar Pemkab memprioritaskan pembangunan yang berkepentingan dengan kesejahteraan masyarakat. foto:Suarabaru.id

Senada, Sekretaris Komisi D DPRD Kudus, H Muhtamat berharap pelaksanaan Musrenbang RKPD Kudus 2022 bisa menjadi pijakan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan daerah.

Dari anggota DPRD sebelumnya sudah mengajukan sejumlah pokok-pokok pikiran pembangunan yang diharapkan bisa diakomodir pemerintah daerah.

“Terutama adalah infrastruktur yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat harus menjadi prioritas,”kata Muhtamat.

Politisi asal Partai Nasdem ini juga berharap pemerintah daerah memberi perhatian lebih pada pelaksanaan pendidikan. Banyak gedung SD yang rusak yang harus segera mendapatkan penanganan agar proses belajar mengajar nantinya bisa terselenggara dengan baik.

Baca Juga: Workshop LKPD, DPRD Kudus Dalami Pengelolaan Anggaran di Tengah Pandemi

“Selain itu, di bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, harus juga menjadi prioritas agar Pemerataan Pembangunan yang Berkelanjutan sebagaimana diharapkan bisa terwujud,”tandasnya.

Tm-Ab