blank
Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan saat menyerahkan secara simbolisasi bibit lele kepada Ketua Kelompok Jamu Gendong, Sutriyono. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kelompok jamu gendong di Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh, mendapatkan bantuan 10 ribu bibit lele dari Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan, Rabu (23/3/2021). Penyerahan bantuan bibit tersebut berlangsung saat peresmian kampung tangguh candi 2021, di Balai Desa Sindurejo.

Menurut Kapolres, pencanangan kampung tangguh candi 2021 di Desa Sindurejo menyasar langsung kelompok jamu gendong yang selama ini menjadi ikon dari desa tersebut. Pihaknya menjelaskan, selama satu tahun ini, pandemi masih berlangsung dan berdampak di berbagai bidang.

“Sudah setahun ini pandemi masih berlangsung. Tentu saja, berdampak di berbagai segi. Pemerintah sudah melaksanakan dengan pemberian vaksin. Terutama personel TNI-Polri juga sudah melakukannya. Semua masyarakat juga akan menjalaninya. Setiap hari kami laporkan penambahan orang yang terkena covid-19,” jelas AKBP Jury.

Para anggota kelompok jamu gendong di Sindurejo juga merasakan dampak covid-19 ini. Hal inilah yang membuat Polres Grobogan memberikan bantuan berupa bibit lele sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, baik bagi warga Sindurejo dan sekitarnya.

“Semoga bermanfaat dan membantu ketahanan pangan. Harapan kita semua,, virus corona segera menghilang. Kami juga berharap, kepada para penjual jamu gendong, harus kita budayakan terus-menerus,” tambah AKBP Jury.

Sementara itu, Ketua Kelompok Jamu Gendong, Sutriyono, menyambut baik bantuan bibit lele dari Polres Grobogan. Pihaknya berterima kasih atas bantuan tersebut dengan harapan dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi warga Dusun Kedungmulyo, Desa Sindurejo.

“Di sini saya selaku ketua RT sekaligus ketua kelompok jamu gendong Dusun Kedungmulyo mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Grobogan yang telah menyerahkan bantuan berupa bibit ikan lele. Bantuan ini kami terima sebagai bentuk kepedulian Polres Grobogan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Kami juga berharap agar panjenengan semua berkenan mencoba jamu gendong produksi daerah kami,” ujar Sutriyono, yang juga memperkenalkan kampungnya sebagai kampung pengrajin sabit.

Dalam kesempatan itu, Plt Camat Toroh, Kasan Anwar juga berterima kasih kepada jajaran Polres Grobogan yang telah memperhatikan warganya yang terdampak covid-19 di Desa Sindurejo ini.

“Terima kasih kepada Bapak Kapolres yang telah memberikan bibit lele kapada masyarakat Desa Sindurejo. Terutama kelompok pedagang jamu gendong yang juga terdampak covid-19. Apabila kelompok ini minta penyuluhan nanti bisa dibantu dari kami atau dinas terkait. Sementara  untuk penambahan modal bisa mengajukan proposal,” ujar Kasan Anwar.

Secara simbolis, Kapolres menyerahkan bibit lele kepada Ketua Kelompok Jamu Gendong, Sutriyono, yang dilanjutkan dengan penebaran bibit lele di kolam yang sudah disediakan.

Hana Eswe