blank
Daya Tarik Wisata Ketep Pass yang ada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang langsung diserbu pengunjung setelah dibuka kembali sejak 26 Februari lalu. Foto; Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sejak dibuka kembali  pada 26 Februari lalu, daya tarik wisata Ketep Pass yang ada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang langsung  diserbu  wisatawan dari berbagai daerah.

“Dalam sepekan atau enam hari sejak dibuka kembali,  sebanyak 1.833 pengunjung mendatangi daya tarik wisata Ketep Pass,” kata Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian.

Edward mengatakan,  dari jumlah pengunjung tersebut sekitari 65 persen pengunjung dari luar kota. Sedangkan sisanya 35 persen dari wilayah sekitar Magelang. Untuk wisatawan yang datang dari luar kota tersebut berasal dari  Bogor, Jakarta, Tangerang, Jogjakarta, Semarang.

Menurutnya, jumlah pengunjung tersebut masih sedikit dibandingkan saat  dibuka sebelum adanya peningkatan aktivitas vulkanik Merapi  akhir tahun lalu.

blank
Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian.

“Pada saat dibuka pada Juli 2020 lalu, animo wisatawan cukup tinggi dalam seharinya bisa mencapai 500 orang. Itupun dengan pemberitahuan yang sangat minim,” ujarnya.

Selain itu, pada pembukaan perdana pada Jumat 26 Februari lalu, jumlah pengunjung juga dirasakan sedikit, dikarenakan Jumat merupakan hari yang “pendek”.

Jam Operasional Masih Dibatasi

Ia menambahkan,  sebenarnya animo masyarakat untuk menyaksikan panorama Gunung Merapi dan Merbabu di Ketep Pass tersebut sangat banyak setiap harinya. Namun, pihaknya menolak untuk masuk, karena jam operasionalnya masih dibatasi hingga pukul 15.00 WIB setiap harinya.

“Sebenarnya potensi pengunjung di  sore hari sangat banyak. Namun mereka kita tolak masuk karena jam operasional kita masih dibatasi sampai pukul 15.00 WIB saja. Untuk pengunjung yang sudah ada di dalam, masih di beri toleransi sampai pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Edward mengatakan, pembatasan jam operasional tersebut,  karena pihaknya  mengikuti Surat Edaran Gubernur Jateng dan Bupati Magelang tentang  pemberlakuan PPKM Mikro. Dan, bila PPKM Mikro sudah selesai, pihak manajemen akan melakukan evaluasi lagi tentang jam operasional. Kemungkinan akan ada perubahan jam buka dan tutup.

Baca juga Merapi Sudah Tenang, Objek Wisata Ketep Pass Kembali Dibuka

Diberitakan sebelumnya, daya tarik wisata  Ketep Pass dibuka kembali  26 Februari lalu, setelah ada rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) perihal perubahan ancaman erupsi Gunung Merapi.

Obyek wisata yang diresmikan oleh Presiden RI kelima Megawati Soekarno Putri, 17 Oktober 2002 silam tersebut  ditutup sejak 9 November 2020 seiring meningkatnya aktivitas Gunung Merapi dengan status Siaga ( level III).

Yon-wied

.