blank
Petani kopi di lereng Gunung Merbabu menanam kopi jenis Arabika di antara tanaman sayuran. Foto: Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Para petani sayuran di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Jerukan, Desa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang melakukan diversifikasi tanaman.

Mereka menaman pohon kopi di antara tanaman sayuran yang ada di ladangnya. Penanaman pohon kopi di antaran tanaman sayuran tersebut.

Selain memberikan rasa yang berbeda juga bertujuan sebagai konservasi lahan agar tidak mudah terkikis oleh air.

“Penanaman pohon kopi di antara tanaman sayuran ini, agar tanah lahan sayuran tidak mudah terkikis air,” kata Muchammad Amin, Ketua Kelompok Tani Mekar Sari, Dusun Jerukan, Desa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Amin mengatakan, bila di sela-sela tanaman sayuran seperti kubis, kol, tomat dan lainnya ditanami pohon pelindung tanaman keras, dinilai mengganggu penyinaran untuk tanaman sayuran tersebut.

Sedangkan, pohon kopi dinilai sangat tepat ditanam di antara tanaman sayuran tersebut, karena ketinggiannya hanya berkisar 1- 1,5 meter saja.

“Dengan ketinggian sekitar 1,5 meter tersebut, sinar matahari masih bisa menyinari tanaman sayuran di bawahnya. Sedangkan, kalau tanaman keras mengurangi penyinarannya,” katanya.