blank
Usai penyelenggaraan Kongres Askab PSSI Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra sebagai ketua terpilih, melakukan foto bersama. Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Candra Saputra (CS) yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, akhirnya secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Askab PSSI Kabupaten Pekalongan.

Pada kongres Askab PSSI Kabupaten Pekalongan yang digelar di Pendapa Wakil Bupati Pekalongan, Sabtu (20/2/2021), dihadiri juga perwakilan pengurus PSSI, Yoyok Sukawi yang juga CEO PSIS (Semarang), pengurus provinsi, Ketua PSSI lama H Amat Antono dan beberapa tamu undangan.

Candra Saputra yang merupakan calon tunggal Ketua Askab PSSI Kabupaten Pekalongan, mendapat dukungan mutlak 39 suara dari 41 suara peserta kongres yang hadir. Dalam kongres itu, Candra Saputra juga secara langsung mendapat dukungan dari Yoyok Sukawi.

BACA JUGA: Rotary Club Kebumen Segera Dibentuk, Misinya di Bidang Sosial

Dalam keterangannya, Candra Saputra menyatakan siap mengemban amanah yang telah diberikan. Di tahun pertama kepengurusannya, dia akan berusaha untuk menunjukkan kinerjanya yang nyata. Terutama dalam pembinaan prestasi cabang sepak bola ini.

”Potensi sepakbola Kabupaten Pekalongan saya lihat cukup bagus. Sebagian besar penduduk di Kabupaten Pekalongan banyak yang menggemari sepakbola. Itu bisa dilihat di tiap desa pasti ada klub sepak bola. Nantinya ke depan harus lebih maju dan berprestasi.

Ditambahkan dia, selain keinginannya untuk belajar dari CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, Candra juga akan menimba ilmu dengan para senior pengurus Asprov dan mantan Ketua Askab PSSI Kabupaten Pekalongan, H Amat Antono. Untuk itu, dalam waktu dekat ini akan fokus ke pembinaan atlet usia dini, maupun pembinaan pemain lokal.

BACA JUGA: Tertunda 3 Kali, Akhirnya RAT KONI Klaten Digelar

Sementara itu, Yoyok Sukawi sendiri mengapresiasi kesediaan Candra Saputra yang mau memegang Askab PSSI Kabupaten Pekalongan. Menurutnya, Askab Pekalongan sudah bagus, dan tinggal dibenahi untuk menuju ke tingkat lebih tinggi.

”Ngurusi sepak bola itu tidak ada habisnya, dan pengurus ini orang edan. Kenapa edan, karena harus mau meluangkan waktu dan mengeluarkan dana. Mas Candra ini saudara saya, dan dia berjuang bersama-sama dalam memajukan sepak bola. Untuk itu saya akan ikut support Askab Pekalongan agar lebih maju,” ungkap Yoyok Sukawi, yang juga sebagai anggota Komisi X DPR RI itu.

Mantan Ketua Askab PSSI Kabupaten Pekalongan, H Amat Antono juga menyampaikan hal senada. Dia yakin, Candra Saputra mampu membesarkan sepak bola Kabupaten Pekalongan.

”Kalau organisasi ingin maju, harus mau menerima saran dan masukan. Ini sebagai budaya membentuk karakter bangsa dan bukan permainan individu. Ini juga untuk menciptakan keberhasilan tim, bukan keberhasilan individu,” ungkapnya.

Perwakilan Pengurus Provinsi, Aam Ichwan menambahkan, struktur Askab PSSI Kabupaten Pekalongan cukup tertib. Itu bisa dilihat, ketika periode lama selesai langsung digelar kongres. ”Mudah mudahan dengan ketua baru, muncul semangat baru, apalagi dengan jiwa muda, prestasi sepakbola pasti maju,” tukas dia.

Riyan-Sol