blank
Petugas melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di sebuah kamar di Hotel Kencana Purwodadi. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Sejak Kamis (4/2/2021), Hotel Kencana yang berlokasi di Jalan S Parman, Purwodadi, tidak lagi digunakan sebagai tempat isolasi terpusat untuk pasien covid-19. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Grobogan, melakukan sterilisasi untuk memastikan bebas covid-19.

Dikatakan Ketua Harian GTPP Covid-19 Grobogan, Endang Sulistyaningsih, sterilisasi sudah dilakukan beberapa kali untuk memastikan bebas covid-19. Tak hanya penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan hotel itu, namun seluruh karyawan hotel juga melakukan pemeriksaan rapid test antigen.

Hasil dari rapid test itu, para karyawan dinyatakan nonreaktif alias negatif. Meski sudah tidak lagi dipergunakan sebagai tempat isolasi terpusat, Hotel Kencana tidak diperkenankan menerima klien selama masa inkubasi.

BACA JUGA: Balai Besar, Balai dan Loka Jadi Etalase Rehabilitasi BNN

”Hotel Kencana sudah tidak lagi digunakan sebagai tempat isolasi terpusat per 4 Februari 2021. Sekarang sudah melewati masa inkubasi dari virus, yakni 14 hari. Selama itu kami sterilkan. Tidak hanya setiap ruangannya, para petugas dan pegawai di sana juga kami pastikan bebas covid-19,” kata Endang Sulistyoningsih, Kamis (18/2/2021).

Selama 53 hari, Hotel Kencana Purwodadi dipergunakan sebagai tempat isolasi terpusat. Sebanyak 289 pasien pernah menjalani isolasi di hotel yang dekat dengan Alun-alun Kota Purwodadi ini.

Endang menjelaskan, total anggaran yang digunakan untuk memasilitasi isolasi terpusat ini sekitar Rp 1,9 miliar dari BPNB dan Rp 400 juta yang diambil dari dana Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Grobogan.

Hana Eswe-Riyan