blank
Kapolres Blora, AKBP Wiraga saat melakukan pemantauan ruang perekaman data pemohon SIM. Foto : ist.

BLORA (SUARABARU.ID) – Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas melakukan sidak ke kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Blora, Jumat (17/2/2021). Kedatangan AKBP Wiraga yang mendadak tersebut mengejutkan para personel yang tengah melayani para pemohon SIM.

Dalam peninjauannya, Kapolres langsung mendatangi satu per satu ruang pelayanan dan memeriksanya. Tak hanya itu, dirinya juga melakukan dialog dengan para pemohon SIM terkait pelayanan yang diberikan petugas.

Selain memeriksa satu per satu ruangan, Kapolres juga memeriksa peralatan yang untuk ujian bagi pemohon SIM, seperti alat simulator, komputer ujian online, pengambilan sinyalemen, serta ruangan arsip data dan memastikan para personel Polres Blora melaksanakan tugas serta menjaga peralatan yang disediakan dengan baik.

Kepada para personel Satpas SIM, pihaknya juga menekankan agar dalam melaksanakan  tugasnya, polisi bukan dilayani, tetapi harus menjadi pelayan bagi masyarakat.

”Bukan hanya kapolres atau kasat yang bisa mengawasi kalian semua. Namun, saat ini masyarakat juga bisa mengawasi kinerja kita sekalian,” tegas Kapolres.

Selain itu AKBP Wiraga juga menekankan, selama proses pelayanan di Kantor Satpas SIM harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Baik itu untuk para pemohon SIM maupun petugas yang melayani.

blank
Satu per satu ruangan di Satpas SIM Satlantas Polres Blora tidak luput dari pemeriksaan AKBP Wiraga. Foto : ist.

“Protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh semua, baik petugas maupun pemohon SIM, wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tambah Kapolres.

Tidak Boleh Pungli

Pelayanan penerbitan SIM harus dilakukan secara bersih dan tidak main-main. Kapolres mengingatkan kepada para personel agar sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya, termasuk tidak boleh melakukan pungli.

“Untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani, Satuan Lalu Lintas Polres Blora harus bersih dari Pungli. Tdak adalagi pemikiran-pemikiran polisi lama yang harus dilayani. Namun mari lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan humanis,” imbaunya.

Pelayanan baik dan cepat yang dilaksanakan Satpas SIM diapresiasi para pemohon SIM. Salah satunya Ningsih, warga Blora. Dirinya mengaku dalam proses permohonan perpanjangan SIM, dirinya mendapatkan pelayanan baik dari para personel.

“Alhamdulilah pelayanannya bagus dan memperhatikan protokol kesehatan. Saya merasa terbantu dilayani petugas,” kata Ningsih.

Hana Eswe-wied