tim LAZiS Jateng sedang menyalurkan bantuan makanan ke warga korban banjir, daerah Rejomulyo Semarang. Foto: Dok/Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banjir akibat hujan lebat sejak Jumat malam masih mengepung sejumlah wilayah Semarang dan sekitarnya.

LAZ Al Ihsan Jawa Tengah bersama  relawan saling bahu-membahu mendirikan dapur umum dan mendistribusikan makanan kepada warga terdampak banjir.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mencatat ada kurang lebih 76 kelurahan (10 kecamatan) yang terdampak banjir di Semarang, Jawa Tengah.

Adapun 10 kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Utara, Semarang Tengah, Semarang Selatan, Ngaliyan, Pedurungan, Semarang Timur, Gayamsari, dan Genuk.

“Hujan lebat sejak Jumat malam mengakibatkan sejumlah ruas di Kota Semarang mengalami banjir. Bersama dengan para relawan, selain membuka dapur umum, kami saling berkoordinasi untuk pendistribusian bantuan makanan bagi warga yang terdampak banjir dibeberapa titik, diantaranya di Rejomulyo, Semarang Timur dan Gayamsari dengan total 160 KK,” ungkap Amil LAZiS Jateng sekaligus Koordinator Lapangan, Praptami Susilowati, Senin (8/2/2021).

Dikatakan, dapur umum yang didirikannya mampu menyediakan 450 bungkus nasi setiap harinya. Menurutnya, pendistribusian bantuan makanan akan terus dilakukan di titik-titik lain yang masih mengalami banjir.

Diketahui, masih banyak warga yang bertahan dirumah masing-masing untuk mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Terima kasih untuk LAZiS Jateng atas bantuan makanan yang diberikan, ini sangat bermanfaat sekali,” ucap Mega, warga Rejomulyo yang terdampak banjir Semarang.

Ning