blank
Salah satu anggota Karang Taruna sedang melakukan donor darah.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Karang Taruna Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, menggelar kegiatan donor darah di balai desa setempat, Rabu (22/1/2021).

Kegiatan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal itu tak hanya diikuti pendonor dari kalangan pemuda pemudi saja melainkan juga para perangkat desa dan masyarakat setempat serta alumni SMA Gemuh.

Kepala Desa Kedunggading, Budiono mengatakan, donor darah yang dilakukan Karang Taruna Desa Kedunggading ini, merupakan kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali. Untuk tahun 2021, donor darah dilakukan pada minggu ke tiga di bulan Januari.

“Dari donor darah ini ditargetkan terkumpul sebanyak 30 kantong darah. Anggota Karang Taruna ada 25 orang, belum lagi ditambah pendonor dari perangkat desa dan masyarakat. Untuk wanita yang lagi datang bulan tidak bisa mendonorkan darahnya,” kata Budiono.

Budiono mengungkapkan, kegiatan Karang Taruna Kedunggading banyak sekali. Baik itu yang sifatnya kegiatan sosial dan kegiatan rutinan. Selain itu pada tahun lalu dan tahun tahun sebelumnya Karang Taruna yang dipimpinnya juga ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT RI dengan mengadakan lomba cerdas cermat online menerapkan protokol kesehatan.

“Cerdas cermat online untuk anak-anak SD, SMP dan SMA. Panitia lomba jemput bola ke masing-masing dusun untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk perangkatnya. Finalnya digelar di balai desa setempat,” ujarnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal Alfebian Yolando, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Kedunggading ini. Mengingat adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat banyak warga yang membatalkan untuk melakukan donor darah sehingga membuat stok darah di PMI menipis atau berkurang.

“Apa yang dilakukan Karang Taruna Kedunggading ini bisa diikuti oleh Karang Taruna- Karang Taruna lainya. Karena suplai darah pasti selalu dibutuhkan oleh rumah sakit-rumah sakit,” katanya. Sp-mm