blank
Warga Gunung Tugel Sukoharjo Wonosobo bersama TNI kerja bakti menyingkirkan tanah longsor. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Tanah longsor yang menimpa kandang kambing milik Samsudin (60) di Desa Gunung Tugel Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo berhasil disingkirkan dalam waktu cepat.

Penyingkiran material tanah longsoran dilakukan melalui gotong royong warga setempat dibantu beberapa personil TNI dari Koramil 14/Sukoharjo. Tanah yang semula menguruk rumah pun bisa dibersihkan.

Danramil 14/Sukoharjo Kapten Arm Listiyono, Jumat (15/1), mengatakan tanah longsor yang menimpa rumah warga disebabkan hujan deras yang turun sepanjang malam hingga dini hari.

“Tanah yang berada di tebing tidak mampu menahan air hujan yang turun. Tanah pun menjadi gembur dan longsor menimpa rumah yang dijadikan kandang kambing dibawahnya,” ungkap dia.

Sangat Berarti

blank
Bukit yang berada di atas rumah milik Samsudin longsor setelah diguyur hujan deras. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Kapten Arm Listiyono, kehadiran TNI di tengah masyarakat yang sedang tertimpa musibah sangat berarti. Karena disamping membantu mengatasi bencana juga memberikan dukungan moril bagi korban.

“Warga dalam melaksanakan kerja bakti harus tetap waspada dan hati-hati. Karena tanah di sekitar lokasi gembur. Bila bagian bawah dibersihkan bisa menimbulkan longsor susulan,” katanya.

Babinsa Koramil 14/Sukoharjo Pelda Mulyono menghimbau warga agar selalu memperhatikan lingkungan sekitar. Sebab wilayah Sukoharjo merupakan daerah perbukitan yang rawan terjadi tanah longsor di musim hujan.

“Jika ada tanda-tanda alam seperti suara gemuruh, pohon mulai miring dan ada retakan tanah maka segera melaporkan ke aparat desa. Sehingga bisa diambil tindakan dini guna menghindari korban tanah longsor,” perintahnya.

Muharno Zarka