blank
Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang juga calon bupati Kebumen terpilih pada Pilkada 2020.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto menyatakan, pada 2021 Pemkab menyediakan anggaran pengadaan 10 mobil untuk memacu kemajuan pemerintahan desa melalui  lomba desa berprestasi.

Adapun kegiatan yang dilombakan meliputi tata pengelolaan pemerintaha desa, program mengatasi kemiskinan, penanganan Covid-19 dan program lainnya yang bermuara pada peningkatan perekonomian dan pemerintahan desa.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sekaligsu Calon Bupati Terpilih Kebumen di sela-sela Rakor Program Kerja 100 Hari Pertama Bupati Terpilih dalam Pilbup Kebumen Tahun 2020. Rapat Koordinasi Rencana Pelaksanaan Program Unggulan Bupati Kebumen Terpilih Periode 2021-2026 dipimpin Wakil Bupati Arif Sugiyanto, di Ruang Jatijajar kompleks Pendapa Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (11/1/2021).

Rapat dihadiri Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono beserta asisten sekda, dan pimpinan OPD, dibahas setidaknya 28 program unggulan seperti yang tertuang dalam 5 Misi Bupati Terpilih.

Misi pertama, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsif, serta penerapan e-government dan open government.

Untuk misi pertama, ada 7 program yakni, GO-LAK pelayanan jemput kerumah layanan administrasi kependudukan, satu data untuk semua, stop korupsi gratifikasi dan pungli, tiada hari tanpa pelayanan, festival anggaran, peningkatan kapasitas SDM pemerintahan, dan peningkatan kesejahteraan pegawai.

Program lain, di antaranya penguatan sekolah inklusi, Bumen Sehat, beasiswa untuk anak yatim, bantuan untuk warga miskin, desa melek internet, tani mulyo, demen bumen, Kebumen ekonomi handal, banyu mili, jamu seger, nandur wit nggo anak putu, pembuatan tempat ibadah dan bantuan guru ngaji, dan melestarikan budaya Kebumen.

Wakil bupati juga menyampaikan upaya menunjang perekonomian di masa pandemi Covid-19, salah satunya melalui program padat karya dan penguatan UMKM. Untuk mewujudkannya, wakil bupati menegaskan, diperlukan kebersamaan dan kerja sama di internal OPD maupun antar-OPD.

Dalam kesempatan itu juga dibahas program atau lomba Desa Berprestasi dengan hadiah berupa mobil. Untuk penilaiannya, dari berbagai aspek, seperti inovasi, penyelenggaraan pembangunan dan anggaran, penanganan Covid-19, dan kegiatan lain.

Komper Wardopo